Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar

Dalami Dugaan ACT Terlibat Pendanaan Terorisme, BNPT: Upaya Negara Lindungi Warga

Sumedang – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sedang mendalami dugaan lembaga amal Aksi Cepat Tanggap (ACT) terlibat pendanaan terorisme. Hal itu berdasarkan temuan dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

“Sedang didalami lebih lanjut lagi, jadi data-data ke kita hari ini merupakan dari berbagai rangkaian penyelidikan yang pernah dijalankan dan ini sedang berproses oleh aparat penegak hukum, kita tunggu hasilnya seperti apa,” kata Kepala BNPT Komjen Boy Rafli seusai menjadi pembicara dalam acara Stadium General bertemakan Deteksi Dini Modus Perkembangan Gerakan Terorisme di Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang, Senin (4/7/2022).

Menurut Boy Rafli, langkah ini sebagai upaya negara untuk melindungi seluruh warganya agar tidak salah dalam beraktivitas.

“Apalagi jika itu berkaitan dengan masalah atau hal-hal yang berkaitan dengan terorisme,” ucapnya.

Boy menambahkan, saat ini pengawasan tengah dilakukan oleh BNPT bersama dengan Pusat Pelaporan dan PPATK beserta aparat penegak hukum.

“Pengawasannya bersama dengan PPATK dan aparat penegak hukum,” tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengindikasikan ada penyalahgunaan dalam penggunaan dana dari Aksi Cepat Tanggap (ACT). Indikasi tersebut ditemukan berdasarkan hasil analisis yang dilakukan.

“Iya kami sudah proses sejak lama dan sudah ada hasil analisis yang kami sampaikan kepada aparat penegak hukum,” kata Ketua PPATK Ivan Yustiavandana.

Dia mengungkapkan dari hasil analisis sementara, teridentifikasi ada penyalahgunaan dana terkait kegiatan terlarang. Hasil analisis itu sudah diserahkan ke Densus 88 dan BNPT.

“Transaksi mengindikasikan demikian (penyalahgunaan). Indikasi kepentingan pribadi dan terkait dengan dugaan aktivitas terlarang. Ke Densus, BNPT ya (laporan diserahkan),” ucapnya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Hina Nabi Muhammad, Muslim India Minta Jubir Partai BJP Ditangkap

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Kepala BNPT di UIN Serang

Perguruan Tinggi Islam Berperan Penting Sebarkan Moderasi Beragama Kepada Mahasiswa

Serang – Perguruan Tinggi Islam berperan penting dalam menyebarkan moderasi beragama kepada para mahasiswa. Hal …

menko polhukam mahfud md memberikan keterangan kepada wartawan terkait

Buka Kongres IPNU dan IPPNU, Menko Mahfud MD: Minta Jaga Wasthiyah Islam

JAKARTA – Islam wasathiyah (moderat) menjadi salah satu jalan untuk menjaga kebersamaan setiap elemen bangsa, …