nuzulul quran
nuzulul quran

Diturunkan Pertama Kali di Bulan Ramadan, Kapan Pasti Wahyu Pertama Terjadi?

Al Qur’an yang memuat ajaran penting dalam pola hidup sosial beragama, di mana di dalamnya memuat seluruh materi kehidupan manusia, mulai tentang aqidah, fiqh hingga ilmu fisika dan kimia, semuanya tercantum dalam al Qur’an, adalah kebanggaan tersendiri bagi umat Islam. Sebab itu, setiap bulan Ramadlan tiba, umat Islam berbondong-bondong merayakan Nuzulul Qur’an sebagai simbol kebanggaan mereka dengan mu’jizat yang luar biasa ini. Nuzulul Qur’an merupakan hari reformasi kemanusiaan yang sekian lama tertimbun zaman kejahilan.

Secara harfiyah, Nuzulul Qur’an memuat dua kata Nuzul artinya turun dan al Qur’an adalah nama kitab suci yang diturunkan oleh Allah swt kepada Nabi Muhammad saw, sebagai mu’jizat baginya serta petunjuk bagi kehidupan manusia. Sebagaimana firman Allah swt:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

Artinya: “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)” (QS. Al Baqarah: 185)

Jika makna itu digabung, Nuzulul Qur’an berarti turunnya al Qur’an.

Lalu kapan al Qur’an diturunkan oleh Allah swt ?

Ada tiga pendapat tentang waktu turunnya al Qur’an:

1. Tanggal 17 Ramadlan

Menurut pendapat yang masyhur, al Qur’an diturunkan oleh Allah swt pertama kali yaitu pada tanggal 17 Ramadlan. Pendapat ini berdasarkan ayat al Qur’an:

وَمَا أَنْزَلْنَا عَلَى عَبْدِنَا يَوْمَ الْفُرْقَانِ يَوْمَ الْتَقَى الْجَمْعَانِ

Artinya: “Dan kepada apa yang kami turunkan kepada hamba Kami (Muhammad) di hari Furqaan[616], yaitu di hari bertemunya dua pasukan” (QS. Al Anfal: 41)

Menurut al Thabari, yang dimaksud dengan “hari bertemunya dua pasukan” adalah hari bertemunya pasukan Rasulullah saw dengan orang-orang musyrik di perang Badar. Dan kejadian hal tersebut yaitu pada tanggal 17 Ramadlan. Jadi berdasarkan ayat ini, al Qur’an pertama kali diturunkan oleh Allah swt yaitu pada tanggal 17 Ramadlan.

Baca Juga:  Mengambil Hikmah dari Kisah Nabi Yusuf

Dalil lain tentang al Qur’an diturunkan pada tanggal 17 Ramadlan adalah hadits yang diriwayatkan oleh al Waqidi dari sanad Abu Jakfar al Baqir:

كَانَ اِبْتِدَاءُ الْوَحْيِ إِلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْإِثْنَيْنِ، لِسَبْعَ عَشْرَةَ لَيْلَةً خَلَتْ مِنْ رَمَضَانَ

Artinya: “Awal wahyu diturunkan kepada Rasulullah saw yaitu hari senin pada tanggal 17 Ramadlan”.

2. Tanggal 24 Ramadlan

Sebagian riwayat mengatakan bahwa pertama kali al Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw yaitu pada tanggal 24 Ramadlan. Hal ini berdasarkan riwayat dari Wasilah bin Asqa’ yang berbunyi:

نَزَلَتْ صُحُفُ إِبْرَاهِيمَ أَوَّلَ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ وَأُنْزِلَتِ التَّوْرَاةُ لِسِتٍّ مَضَيْنَ مِنْ رَمَضَانَ وَأُنْزِلَ الإِنْجِيلُ لِثَلاَثِ عَشْرَةَ خَلَتْ مِنْ رَمَضَانَ وَأُنْزِلَ الزَّبُورُ لِثَمَانِ عَشْرَةَ خَلَتْ مِنْ رَمَضَانَ وَالْقُرْآنُ لأَرْبَعٍ وَعِشْرِينَ خَلَتْ مِنْ رَمَضَانَ

Artinya: “Lembaran-lembaran Nabi Ibrahim diturunkan pada awal malam Ramadlan, kitab Taurat diturunkan tanggal 6 Ramadlan, kitab Injil diturunkan tanggal 13 Ramadlan, kitab Zabur diturunkan tanggal 18 Ramadlan, dan al Qur’an diturunkan pada tanggal 24 Ramadlan” (HR. Ahmad bin Hanbal)

Dari riwayat ini, beberapa sahabat Nabi dan tabi’in meyakini bahwa malam Lailatul Qadar jatuh setiap tanggal 24 Ramadlan.

3. Tanggal 18 atau 19 Ramadlan

Pendapat lain mengatakan bahwa turunnya al Qur’an yaitu tanggal 18 Ramadlan ada juga yang mengatakan tanggal 19 Ramadlan. Abu Qilabah al Jurmi berkata: “Allah swt menurunkan al Furqan (al Qur’an) kepada Nabi saw pada tanggal 18 Ramadlan. Pendapat lain ada yang mengatakan tanggal 19 Ramadlan”

Dari keterangan-keterangan tersebut, sebenarnya ulama hanya berbeda pendapat dalam penentuan tanggal saja, tetapi ada dua hal yang dapat disepakati, yaitu Pertama, ulama sepakat bahwa al Qur’an pertama kali turun kepada Nabi Muhammad saw pada bulan Ramadlan. Kedua, al Qur’an turun pada hari senin.

Baca Juga:  Tujuh Peristiwa Besar Menjelang Kelahiran Nabi Muhammad Saw

Wallahu a’lam

Bagikan Artikel ini:

About M. Jamil Chansas

Dosen Qawaidul Fiqh di Ma'had Aly Nurul Qarnain Jember dan Aggota Aswaja Center Jember

Check Also

lagu ya thaybah

Lagu Ya Thaybah Syirik, Benarkah ?

Beberapa hari yang lalu, warganet dibuat gemas dengan ujaran artis Five Vi tentang lagu Ya …

aswaja

Benarkah Abu Hasan Al Asy’ari Meyakini Allah Swt Berada di Arsy ?

Sudah berabad-abad lamanya, umat Islam yang sampai pada kita saat ini mayoritas bermadzhab Asya’iroh, yaitu …