Doa masa pandemi

Doa Mengatasi Rasa Cemas dan Gelisah di Masa Pandemi

Pandemi Corona belum juga berakhir. Virus ini memang telah membawa perubahan  tatanan kehidupan masyarakat di planet bumi. Semua aktivitas berubah akibat keharusan untuk menghindari penularan Virus Corona.

Menghadapi kenyataan ini tidak sedikit masyarakat yang kelimpungan dan stres. Kerja terbatas, sekolah libur, kantor tutup, pergaulan harus dibatasi jarak, dan segala tetek bengek aturan yang tujuannya supaya selamat dari virus mematikan ini.

Perasaan gelisah dan cemas meliputi hampir semua manuasia. Cemas karena takut tertular, gelisah karena ekonomi amburadul, dan segala kerumitan yang harus ditanggung akibat Covid-19. Bila kecemasan berlebihan sampai berlarut, tentu ada efek negatif terhadap kesehatan fisik dan mental.

Mengatasi fenomena seperti ini, Islam memberikan solusi berupa doa yang bisa menghilangkan rasa cemas dan gelisah, sehingga apapun kondisi yang melingkupinya dirinya akan tetap merasa aman dan tentram.

Di antara doa untuk menghilangkan perasaan gelisah dan galau diriwayatkan oleh Ibnu Sinni di bawah ini:

اعوذ بكلمات الله التامة من غضبه وعقابه وشر عباده  ومن همزات الشياطين   وان يحضرون

“A’udzu bi kalimatillahit tammati min ghodobihi wa ‘iqabihi wa syarri ‘ibadihi wa min hamazatis syayaatin wa an yahdhurun”

Artinya, “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, siksa-Nya, keburukan hamba-Nya, gangguan setan dan setan yang hadir”.

Imam Thabrani juga meriwayatkan doa yang dibaca saat seseorang didera rasa cemas dan galau sebagai berikut:

سبحان الملك القدوس رب الملائكة والروح جللت السموات والأرض بالعزة والجبروت

“Subhanakal malikil qudduusi rabbil malaaikati warruhi jallaltas samaawati wal ardho bil ‘izzati wal jabaruuti”

Artinya, ”  Maha Suci Allah yang Kudus, Tuhan para malaikat dan Jibril. Engkau besarkan langit dan bumi dengan kemuliaan dan kekuasaan-Mu”.

Baca Juga:  Rahasia Sabar Karena Allah

Inilah doa yang sebaiknya kita amalkan supaya tenang menjalani hidup di dunia yang sementara. Apapun yang sedang menimpa kita, seperti Pandemi Corona dan apapun saja, tidak akan mempengaruhi kita. Tetap tenang dan damai. Tetap ikhtiar dan tawakkal.

Bagikan Artikel
Best Automated Bot Traffic

About Khotibul Umam

Avatar
Alumni Pondok Pesantren Sidogiri