Dubes Agus Maftuh Tetap Upayakan WNI Bisa Umrah ke Saudi Ditengah Kasus Corona

0
9616

Jakarta – Merebaknya kasus virus Corona kini telah sampai ke negara Timur Tengah, bahkan virus tersebut telah menjangkini warga Arab Saudi yang telah melakukan perjalanan ke Iran. Hal tersebut kemudian diantisipasi oleh Pemerintah Saudi Arabia dengan menunda visa Umrah dan kunjungan turis dari negara-negara yang terdampak virus corona.

Penundaan visa umrah dan turis tersebut juga berimbas pada jamaah umrah asal Indonesia. namun, Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel tetap mengupayakan warga Indonesiap bisa umrah ke Saudi.

“KBRI akan terus memantau dan update. Saya komunikasi dengan Kemlu KSA (Kingdom of Saudi Arabia) dan juga Kementerian Haji dan Umrah KSA. Untuk pastikan juga para jamaah umrah yang sekarang sudah berada di Makkah Madinah,” kata Agus Maftuh seperti dilansir dari detikcom, Kamis (27/2/2020).

Untuk memastikan warga Indonesia tetap bisa umrah ke Saudi, Agus Maftuh melakukan sejumlah pendekatan. Agus Maftuh mengupayakan Indonesia tidak masuk ke dalam daftar negara yang dilarang ke Saudi.

“Saya juga sedang upayakan karena Indonesia tidak termasuk terpapar corona, maka KBRI akan lakukan pendekatan ke KSA untuk tidak memasukkan Indonesia dalam list tersebut,” kata dia.

Dilansir AFP, Rabu (27/2), pengumuman penundaan visa kunjungan umrah ini disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri Arab Saudi lewat keterangan resmi.

“Pemerintah menunda sementara kunjungan umrah ke Masjid Nabawi di wilayah Kerajaan,” demikian kata Kementerian Luar Negeri. Saudi juga mengatakan pihaknya juga menunda visa-visa untuk kunjungan turis dari negara-negara yang terjangkit corona.