mempelajari sejarah nabi
mempelajari sejarah nabi

Faedah-Faedah Mempelajari Sejarah Nabi Muhammad SAW

Mempelajari sejarah adalah upaya untuk mengetahui apa saja yang ada pada waktu lampau tertentu. Misalnya sejarah seorang tokoh, sejarah sebuah peristiwa, sejarah sebuah daerah, sejarah sebuah benda peninggalan dan lain sebagainya. Sedangkan ada beberapa saluran agar kita tahu sejarah tentang sesuatu. Di antaranya lewat cerita tutur atau tulisan tentang sejarah itu, meneliti benda-benda peninggalannya sampai menelusuri jejak-jejak langkah suatu sejarah di daerah tertentu.

Sekurang-kurangnya tujuan mempelajari sejarah, yakni mengetahui sampai kepada hal yang detail dan mengambil faedah dari apa yang dicari dari sejarah itu. Semisal mempelajari sejarah kerajaan Demak. Berarti kita mencari tahu awal mula berdiri, profil raja-rajanya, keadaan masyarakatnya, keadaan social, politik, ekonomi, pendidikan dan keagamaannya sampai kepada runtuhnya kerajaan Demak itu.

Dari mengetahui hal-hal di atas, seharusnya orang yang mempelajari sejarah kerajaan Demak itu juga harus bisa menganalisis apa saja yang berfaedah dari sejarah itu. Mungkin profil raja-rajanya yang baik, sistem dan kultur kerajaan yang baik dan damai dan lain sebagainya. Serta apa saja yang harus dihindari, supaya kerusakan dan kehancuran masa itu tak terjadi di kehidupan sekarang dan yang akan datang. Mungkin terkait korupsi, kerakusan, pengkhianata, perang saudara dan lain sebagainya.

Hal tersebut perlu dilakukan, sebab sebuah sejarah biar tidak terkesan sebagai sekumpulan kisah dan cerita yang setelah diketahui dibiarkan begitu saja tanpa ada faidahnya selain mengetahui dan hafal peristiwa tersebut. Contoh di atas adalah sebuah kerajaan yang tentu memiliki kekurangan dan kelebihan sepanjang berdirinya. Itu saja perlu kita ambil wawasan dan faedahnya. Tentu tergantung pribadi masing-masing pelajar untuk apa pengetahuan dan faedah itu dimanfaatkan

Kemudian, bagaimana jika yang kita pelajari adalah sejarah hidup nabi Muhammad SAW yang pada dirinya tak ada sedikitpun cela dan kekurangan? Maka sesungguhnya mempelajari sejarah nabi Muhammad itu sangat dianjurkan (untuk tidak menyebut wajib) bagi semua umat Islam. Sebab, ada begitu banyak, bahkan mungkin tak ada habisnya kita cari tahu apa yang ada dalam kehidupan pribadi nabi Muhammad SAW dan faedah yang mengiringinya.

Baca Juga:  Imam Al Ghazali: Nasab dan Banyaknya Pengikut Menjadi Penyebab Orang Sombong

Jika kita akan mempelajari sejarah nabi Muhammad SAW dengan teliti dan penuh perhatian, maka setidaknya kita bisa mendapatkan 2 faedah yang amat penting untuk bekal keislaman dan keimanan kita. Dua faedah itu yakni:

Faedah Untuk Memperkuat Keimanan

Sesungguhnya, salah satu faktor yang memperkuat iman adalah mempelajari Siroh Nabawiyyah/sejarah nabi. Bagaimana tidak? Saat mempelajari keagungan beliau terpancar dari gerak langkah kehidupannya. Betapapun beliau merupakan manusia terbaik yang pernah menginjakkan kakinya di bumi ini. Dan hal itu seharusnya lebih dari cukup untuk meyakinkan manusia manapun yang pernah mempelajarinya.

Keteguhan beliau dalam menerima cobaan, cercaan dan hinaan kaum kafir saat berdakwah dan mensyiarkan agama Islam seharusnya menjadi motivasi yang harus kita ambil untuk modal keimanan dan keislaman kita sehari-hari. Bahwa beliau tak pernah mundur, tak dendam pada musuhnya dan berakhlakul karimah kepada semuanya itu bisa jadi energi positif yang harus kita tiru dalam rangka menebalkan keimanan sepanjang waktu.

Kita tahu bahwasanya seorang Rasulullah tidak akan mungkin berdusta dalam menyampaikan agama Allah. Oleh karenannya jika kita mempelajari sejarah nabi Muhammad sesungguhnya bisa tambah iman pada kebenaran agama Allah dan atau risalah Islam. Ibnul Qoyyim pun berbendapat bahwa penting mempelajari Siroh Nabawiyyah/sejarah nabi SAW bagi orang-orang yang sangat mengharapkan keselamatan dan kebahagiaan dalam dirinya, dan semua orang yang ingin membenahi diri.

Faedah Untuk panduan hidup

لقد كان لكم في رســـــــول الله أســـــــوة حســـــنة لمــــــــن كان يرجـــــو الله واليــــــوم الآخــــــر

“Sungguh dalam diri Rasulullah terdapat pedoman yang baik bagi orang-orang yang mengharapkan ridha Allah dan mengharapkan kebaikan akhirat” (QS Al-Ahzaab: 21)

Ayat al-Qur’an di atas sesungguhnya dalil yang tak terbantahkan untuk kita mengambil faedah berupa panduan hidup dari sejarah nabi Muhammad SAW. Siroh Nabi Muhammad mencakup segala aspek kehidupan. Mulai dari sifat, sikap dan tindakan beliau. Semisal mengambil faedah dari cerita kemandirian dan kesucian beliau semenjak kecil, kejujuran beliau ketika jadi seorang pebisnis yang sukses, kisah perjuangan beliau berdakwah sepanjang hayat.

Baca Juga:  Wanita Tidak Terbakar, karena Begitu Cinta kepada Rasulullah SAW

Kisah kepemimpinan beliau yang ideal sehingga menjadi pemimpin tangguh dan dicintai rakyatnya. Cerminan kesuksesan perjuangan nabi SAW terlihat pada hari ini, ketika hampir sepertiga penduduk bumi mengikuti apa yang diserukannya dulu dan bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan yang diridlai Allah. Padahal jika melihat masa kepemimpinannya itu tergolong singkat.

Beliau merupakan contoh paling terbaik dari yang terbaik untuk diteladani segala halnya. Oleh karena itu, sangat tidak berlebihan jika ada seseorang yang mengatakan bahwa “Siroh Nabawiyyah adalah panduan hidup yang terbaik.” Berdasarkan pada salah satu ayat pada Al-Qur’an, Allah berfirman :

وإِنــــك لعلـــــــــــــى خلــــق عـظيـــــــــــــــــــم

“Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) berada di atas budi pekerti yang agung” (QS Al-Qolam: 4)

 

Bagikan Artikel ini:

About M. Alfiyan Dzulfikar

Avatar of M. Alfiyan Dzulfikar

Check Also

penyebab doa tidak terkabulkan

4 Penyebab Doa Tidak Terkabulkan Menurut Hadist Nabi Muhammad SAW

Doa itu termasuk salah satu ibadah yang sakral, namun unik. Sakralnya, dengan doa kita seakan …

madinah

Inilah 4 Pesan Pertama Nabi SAW di Kota Madinah

Hampir tiga belas tahun, nabi SAW diperintah Allah untuk menegakkan kalimat tauhid dan mensyiarkan agama …