Apa hukum puasa sunnah setelah nisfu Sya’ban? Ada pendapat yang melarang berangkat dari hadist ketidakbolehan puasa dua atau tiga hari sebelum Ramadhan.
Sebagaimana telah maklum, terdapat banyak amalan-amalan yang bisa di lakukan oleh umat Islam pada bulan sya’ban. Nabi sendiri pada bulan ini berpuasa hampir sebulan penuh. Hal ini menunjukkan bahwa puasa di bulan Sya’ban sangat dianjurkan dan memiliki keutamaan lebih.
Namun begitu, tentu ada aturan yang harus diperhatikan menyangkut pelaksanaan puasa sunnah di bulan Sya’ban. Untuk pelaksanaan berpuasa setelah tanggal 15 bulan sya’ban atau nisfu Sya;ban, ada syarat-syarat tertentu yang harus dipatuhi.
Ulama berbeda pandang soal hukum terkait pelaksanaan puasa sunnah setelah pertengahan sya’ban. Asal muasal perbedaan pendapat ini karena ada satu hadis yang melarang puasa setelah nisfu Sya’ban. Dan dalam riwayat al-Bukhari, Nabi juga melarang puasa dua atau tiga hari sebelum Ramadhan.
Syekh Wahbab al-Zuhaili dalam Fiqhul Islami wa Adillatuhu menjelaskan:
قال الشافعية: يحرم صوم النصف الأخير من شعبان الذي منه يوم الشك، إلا لورد بأن اعتاد صوم الدهر أو صوم يوم وفطر يوم أو صوم يوم معين كالا ثنين فصادف ما بعد النصف أو نذر مستقر في ذمته أو قضاء لنفل أو فرض، أو كفارة، أو وصل صوم ما بعد النصف بما قبله ولو بيوم النص. ودليلهم حديث: إذا انتصف شعبان فلا تصوموا، ولم يأخذبه الحنابلة وغيرهم لضعف الحديث في رأي أحمد
“Ulama mazhab Syafi’i mengatakan, puasa setelah nisfu Sya’ban diharamkan karena termasuk hari syak, kecuali ada sebab tertentu, seperti orang yang sudah terbiasa melakukan puasa dahar, puasa daud, puasa senin-kamis, puasa nadzar, puasa qadha’, baik wajib ataupun sunnah, puasa kafarah, dan melakukan puasa setelah nisfu Sya’ban dengan syarat sudah puasa sebelumnya, meskipun satu hari nisfu Sya’ban. Dalil mereka adalah hadis, ‘Apabila telah melewati nisfu Sya’ban janganlah kalian puasa’. Hadis ini tidak digunakan oleh ulama mazhab Hanbali dan selainnya karena menurut Imam Ahmad dhaif.”
Dalam kitab I’anah al-Thalibin dijelaskan sebagai berikut:
قوله وكذا بعد نصف شعبان ) أي وكذلك يحرم الصوم بعد نصف شعبان لما صح من قوله صلى الله عليه وسلم إذا انتصف شعبان فلا تصوموا( قوله ما لم يصله بما قبله ) أي محل الحرمة ما لم يصل صوم ما بعد النصف بما قبله فإن وصله به ولو بيوم النصف بأن صام خامس عشره وتالييه واستمر إلى آخر الشهر فلا حرمة
(Demikian juga haram puasa setelah nisyfu sya’ban) berdasarkan hadits “Bila bulan sya’ban telah menjadi separuh, janganlah kalian berpuasa”. Keharaman ini dengan catatan bila puasa setelah hari nisyfu sya’ban tersebut tidak disambungkan dengan puasa sebelumnya. Apabila disambungkan meskipun dengan berpuasa di tanggal separuh bulan sya’ban (meskipun hanya disambungkan dengan puasa pada tanggal 15) dan kemudian disambung dengan hari setelahnya hingga tanggal 30 (syaum assyak) maka tidak lagi dihukumi haram (I’anah al-Thoolibiin II, 273).
وقد قطع كثير من الشافعية بأن ابتداء المنع من أول السادس عشر من شعبان واستدلوا بحديث العلاء بن عبد الرحمن عن أبيه عن أبي هريرة مرفوعا : ( إذا انتصف شعبان فلا تصوموا ) أخرجه أصحاب السنن وصححه ابن حبان وغيره
Menurut pendapat kebanyakan ulama dari kalangan syafiiyyah permulaan larangan puasa sya’ban adalah tanggal 16 sya’ban berdasar hadis riwayat al ’Alla’ Bin Abdurrahman dari ayahnya dari Abu Hurairah, “Bila bulan sya’ban telah menjadi separuh, janganlah kalian berpuasa” (HR . Ashab al sunan disahihkan oleh Ibnu Hibban dan lainnya) (Nail al Authar, IV, 349).
Pelarangan tersebut, menurut para ulama karena pada hari itu dianggap hari syak (ragu), dan karena bulan Ramadhan akan segera tiba. Khawatir tidak sadar kalau sudah berada di bulan Ramadhan. Alasan lain dari larangan tersebut agar stamina umat Islam tidak terkuras sebagai persiapan untuk puasa di bulan Ramadhan.
Akan tetapi, menurut madhab Syafi’I bagi seseorang yang terbiasa mengerjakan puasa sunnah boleh melanjutkan kebiasannya walau diparuh kedua bulan sya’ban. Seperti mengerjakan puasa senin dan kamis, puasa ayyamul bidh, puasa nadzar, puasa qadha, ataupun orang yang sudah terbiasa mengerjakan puasa dahar.
Namun menurut sebagian ulama mengatakan ketidakharaman puasa sunnah yang dikerjakan setelah tanggal 15 sya’ban. Karena menurut mereka hadisnya lemah dan termasuk hadis munkar, karena ada perawi hadisnya yang bermasalah. Namun, kebolehannya dengan catatan harus mengetahui kapan masuknya awal Ramadhan. Pendapat ini dikuatkan oleh Ibnu Hajar al-‘Asqalani dalam Fathu al Bari.
وقال جمهور العلماء يجوز الصوم تطوعا بعد النصف من شعبان وضعفوا الحديث الوارد فيه وقال أحمد وبن معين إنه منكر
“Mayoritas ulama membolehkan puasa sunnah setelah nishfu Sya’ban dan mereka melemahkan hadis larangan puasa setelah nishfu Syaban. Imam Ahmad dan Ibnu Ma’in mengatakan hadis tersebut munkar”
Kesimpulannya, ulama berbeda pendapat terkait hukum puasa sunnah mutlak setelah nisfu Sya’ban. Pertama, haram bagi mereka yang tidak terbiasa melakukan puasa sunnah pada bulan-bulan sebelumnya. Seperti puasa senin dan kamis, puasa ayyamul bidh, puasa nadzar, puasa qadha, ataupun orang yang sudah terbiasa mengerjakan puasa dahar. Kedua, boleh secara mutlak.