Inilah Amalan Sunnah Terbaik di Hari Jumat

0
1180
amalan hari jumat

Hari terbaik di mana matahari terbit di hari itu adalah hari Jum’at. Di hari itu Adam diciptakan, di hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan juga dikeluarkan dari surga. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari jum’at (HR. Muslim).


Jumat bagi umat Islam adalah hari paling istimewa, tanpa perlu mengabaikan hari-hari yang lain. Pada hari itulah Nabi Adam Alaihissalam diciptakan oleh Allah SWT. Pada hari jumat pula nabi Adam AS dimasukkan ke Surga dan dikeluarkan dari surga untuk diturunkan ke bumi dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari jumat.

Selain kemulian tersebut yang paling sangat penting di hari jumat umat Islam mempunyai kesempatan berharga untuk menunaikan shalat jumat secara berjamaah. Sebuah momentum yang sangat berharga yang dimiliki oleh umat Islam seminggu sekali. Tetapi, bukan sekedar shalat Jumat, ada banyak amalan yang dicontohkan rasul untuk menghiasi keistimewaan hari Jumat.

Mengingat begitu istimewanya hari jumat, maka pada hari tersebut banyak sekali amalan sunnah yang diajarkan Rasulullah untuk dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT. Di antaranya adalah :

  1. Disunnahkan membaca surat al-Kahfi. Barang siapa yang membaca surah al-kahfi maka akan memancar sinar kebaikan dan terjagalah dari berbagai hal yang buruk di antara dua jumat. Rasulullah yang bersabda : Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Allah akan menyinarinya dengan cahaya di antara dua Jum’at.” (HR Hakim dalam Al-Mustadrok).
  2. Perbanyak berdoa. Hari jumat juga merupakan hari di mana Allah menyimpan rahasia satu kesempatan doa yang terkabul. Nabi bersabdaSesuai “Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari dan Muslim).
  3. Perbanyak membaca shalawat. Pada hari jumat, amalan sunnah yang tidak boleh ketinggalan adalah memperbanyak shalawat kepada Rasulullah. Dalam hadist disebutkan : Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jum’at, maka perbanyaklah shalawat kepadaku di dalamnya, karena shalawat kalian akan disampaikan kepadaku”. Para sahabat berkata, “Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?” Nabi bersabda,“Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An Nasa-i).
  4. Mandi dengan niatkan untuk shalat jumat. Hampir semua orang melakukan aktifitas mandi setiap hari, namun tidak banyak yang mengetahui bahwa mandi pada hari jumat juga merupakan amalan sunnah yang apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala kebaikan. Dalam hadist disebutkan : “Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at, maka ia mandi seperti mandi janabah…” (HR. Bukhari dan Muslim).
  5. Menggunakan pakaian yang terbaik dan bersih. Setelah mandi untuk persiapan shalat jumat, selanjutnya disunnahkan pula untuk menggunakan pakaian yang terbaik sehingga kita nampak bersih dan rapi ketika shalat, dalam hadist perihal pakaian ini nabi bersabda, “Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk shalat Jum’at, kecuali pakaian untuk bekerja” (HR. Abu Dawud dan Ibnu Majah).
  6. Menggunakan wewangian. Amalan sunnah selanjutnya sebelum berangkat ke masjid untuk menunaikan sholat jumat berjamaah disunnahkan untuk menggunakan wewangian. sesuai dengan hadist Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).
  7. Melaksanakan shalat tahiyatul masjid. Selanjutnya setelah sampai di masjid maka disunnahkan untuk melaksanakan shalat tahiyatul masjid dan mengerjakan shalat sunnah semampunya. Nabi Muhammad Saw bersabda : “Barangsiapa yang mandi kemudian datang untuk shalat Jum’at, lalu ia shalat semampunya dan dia diam mendengarkan khutbah hingga selesai, kemudian shalat bersama imam, maka akan diampuni dosanya mulai jum’at tersebut sampai jum’at berikutnya ditambah tiga hari.” (HR. Muslim).    
  8. Mengejarkan shalat sunnah setelah shalat jumat. Setelah selesai melaksanakan shalat jumat, jangan langsung buru-buru pulang, usahakan untuk shalat sunnah 2 atau 4 rakaat karena pahala kebaikanya sangat besar. Sesuai dengan hadist nabi, “Apabila kalian telah selesai mengerjakan shalat Jum’at, maka shalatlah 4 rakaat.” Amr menambahkan dalam riwayatnya dari jalan Ibnu Idris, bahwa Suhail berkata, “Apabila engkau tergesa-gesa karena sesuatu, maka shalatlah 2 rakaat di masjid dan 2 rakaat apabila engkau pulang.” (HR. Muslim, Tirmidzi).

Tentu masih banyak amalan sunnah lain di hari istimewa tersebut. Namun, masih banyak juga orang yang belum mengetahui dan mengerjakannya. Oleh karena itu, marilah kita membiasakan menjadikan jumat ini tidak sekedar shalat Jumat tetapi perbanyak dengan amalan sunnah untuk menambah keberkahan dan syafaat dari Rasulullah Nabi Muhammad Saw.

Wallahua’lamu Bishowab