Masjid Al Aqsa terancam ambruk akibat pekerjaan konstruksi Israel
Masjid Al Aqsa terancam ambruk akibat pekerjaan konstruksi Israel

Israel Geber Pekerjaan Konstruksi, Masjid Al-Aqsa Terancam Ambruk

Yerusalem – Penjajah Israel tetap pongah dengan kewenang-wenangan di tanah Palestina. Israel kini terus memaksakan kehendaknya melakukan pekerjaan konstruksi di kompleks Masjid Al-Aqsa, meski akibatnya di beberapa sisi masjid terjadi keretakan. Dikhawatirkan, bila pekerjaan konstruksi itu terus dilakukan, kiblat pertama umat Islam ini akan ambruk.

Direktur Departemen Urusan Masjid Al-Aqsa dan Waqaf Islam, Azzam Al-Khatib, memperingatkan bahwa masjid tersebut bisa runtuh jika penggalian tetap dilakukan dengan intensitas saat ini.

“Ada penggalian yang berbahaya dan tidak diketahui, dan tidak ada yang tahu apa itu dan apa tujuannya. Kami melihat penghapusan sejumlah besar debu dan mendengar suara peralatan menggali dan pecahnya batu,” kata Al-Khatib seperti dikutip Arab News pada Senin (27/6/2022).

Menurutnya, getaran akibat pekerjaan itu membuat beberapa batu dari langit-langit masjid di ruang salat selatan jatuh.

“Selama seminggu kami telah berbicara dengan polisi Israel tentang penggalian ini, yang berlangsung siang dan malam, dan mereka mengabaikan permintaan kami,” tambahnya.

Al-Khatib mencatat kegiatan serupa telah terjadi di masa lalu. Namun, ia menuturkan pekerjaan penggalian kali ini terus diperluas dan ditingkatkan dalam beberapa pekan terakhir.

“Kami khawatir tentang terowongan yang digali yang dapat menyebabkan runtuhnya Al-Aqsa. Jadi, kami memberi tahu Pengadilan Kerajaan Yordania, Kementerian Wakaf Islam Yordania, duta besar Yordania, dan yang paling penting, kami memohon kepada Raja (Yordania) Abdullah, penjaga tempat-tempat suci, untuk turun tangan dalam masalah ini,” ucap Al-Khatib.

Wakaf Islam tidak menginginkan gesekan tetapi sangat prihatin tentang Al-Aqsa dan stabilitas di kawasan itu. Al-Khatib menuturkan Yordania hingga UNESCO (Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB) tidak tahu apa yang sedang terjadi.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Nadiem Bertekad Hapus Tiga Dosa Pendidikan Indonesia, Intoleransi, Perundungan, dan Kekerasan Seksual

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Kepala BNPT di UIN Serang

Perguruan Tinggi Islam Berperan Penting Sebarkan Moderasi Beragama Kepada Mahasiswa

Serang – Perguruan Tinggi Islam berperan penting dalam menyebarkan moderasi beragama kepada para mahasiswa. Hal …

menko polhukam mahfud md memberikan keterangan kepada wartawan terkait

Buka Kongres IPNU dan IPPNU, Menko Mahfud MD: Minta Jaga Wasthiyah Islam

JAKARTA – Islam wasathiyah (moderat) menjadi salah satu jalan untuk menjaga kebersamaan setiap elemen bangsa, …