Kotak Amal LAZ ABA
Kotak Amal LAZ ABA

Kemenag Pastikan LAZ BM ABA Pengumpul Dana Teroris di Lampung Ilegal

Jakarta – Densus 88 berhasil menangkap tiga terduga teroris kelompok Jamaah Islamiyah (JI) di Lampung tiga hari terakhir. Dari penangkapan itu ditemukan 791 kotak amal Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA).

Penemuan kotak amal untuk pendanaan terorisme ini bukan kali pertama oleh Densus 88. Tahun lalu bahkan ribuan kotak amal ditemukan dari jaringan JI di seluruh Indonesia. Terungkap pengumpulan itu untuk melakukan pelatihan anggota JI dalam rangka jihad global ke Suriah, Irak, dan Pakistan.

Terkait kembali ditemukan ratusan kotak amal pendanaan terorisme ini, Kementeri Agama (Kemenag) menegaskan bahwa LAZ BM ABA ilegal karena izin yayasan itu telah dicabut.

“Izin LAZ ABA sudah dicabut sejak 29 Januari 2021,” kata Staf Khusus Menteri Agama Bidang Toleransi, Terorisme, Radikalisme dan Pesantren Nuruzzaman dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/11/2021).

Ia mengungkap pencabutan izin LAZ ABA diterbitkan oleh Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta. Sebab, LAZ ABA berkantor pusat di DKI Jakarta.

“Saya sudah terima Surat Keputusan Kakanwil Kemenag DKI Jakarta No 103 Tahun 2021 tentang Pencabutan Izin Lembaga Amil Zakat Abdurrohman bin Auf,” tutur Nuruzzaman.

“Diktum dalam SK itu menyebutkan, menetapkan pencabutan izin pendirian Lembaga Amil Zakat Abdurrohman bin Auf,” imbuhnya.

Ia menambahkan, kebijakan pencabutan izin yayasan LAZ ABA itu dilakukan setelah dilakukan monitoring dan evaluasi setelah terjadinya kasus penyalahgunaan kotak amal pada Desember 2020 yang juga terjadi di Lampung. Modus ini diungkap oleh kepolisian. Selanjutnya, Kemenag saat itu bersama BNPT dan pihak terkait lainnya melakukan monitoring dan evaluasi.

“Hasilnya adalah terbitnya SK pencabutan izin operasional oleh Kakanwil DKI Jakarta,” ujarnya.

Baca Juga:  Teroris yang Ditangkap di Kubu Raya Pekerjaannya Disebut ‘Tidak Jelas'

Karena itu, Zaman menegaskan Yayasan LAZ ABA ilegal. “Jadi, LAZ ABA itu ilegal,” tutupnya.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Ustaz Adi Hidayat

UAH: Luangkan Waktu Bersama Bantu Ringankan Penderitaan Para Korban dan Keluarga

Jakarta – Tragedi Kanjuruhan menewaskan sedikitnya 125 orang usai kekalahan tuan rumah Arema Malang dari …

Tabur bunga Aremania kenang korban meninggal dunia Tragedi Kanjuruhan

Tragedi Kanjuruhan, Ulama Harus Ikut Menyinari Dunia Sepak Bola Indonesia dengan Nilai Agama

Surabaya – Para ulama sudah seharusnya hadir di berbagai lini, tidak sekadar melakukan istighatsah, dan …