Kotak amal Yayasan ABA yang diamankan Densus di Lampung
Kotak amal Yayasan ABA yang diamankan Densus di Lampung

Lagi Ratusan Kotal Amal Pendanaan Terorisme Ditemukan Densus 88 di Lampung

Jakarta – Densus  88 Antiteror Polri kembali menemukan ratusan kotak amal selama melakukan operasi penangkapan terhadap sejumlah tersangka kasus terorisme di Lampung dalam tiga hari terakhir. Dalam penangkapan itu ada tiga terduga teroris anggota Jamaah Islamiyah (JI) yang diamankan.

Mereka adalah petinggi di yayasan amal bernama Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA). Salah satunya seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas sebagai kepala sekolah sebuah SD Negeri.

“Densus 88 juga menyita 791 kotak amal, sejumlah uang dan barang lainnya. Kotak amal yang disita adalah milik Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurahman bin Auf (LAZ BM ABA),” kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad kepada wartawan, Rabu (3/11/2021).

Penangkapan tiga teroris di Lampung merupakan bagian pengembangan dari penangkapan jaringan lain di Jakarta dan Medan. Kini, penyidik Densus masih melakukan pengembangan lebih lanjut atas temuan lainnya.

Pandra meminta kepada masyarakat hingga ketua lingkungan dapat aktif untuk melaporkan apabila melihat ataupun mengetahui tindakan-tindakan yang diduga terkait paham radikal. Upaya tersebut, kata dia, merupakan bagian dari langkah pencegahan.

Sebagai informasi, salah satu petinggi LAZ BM ABA yang ditangkap ialah Ketua yang menjabat hingga saat ini bernama Ir S. Kemudian, Densus juga menangkap seorang PNS yang bekerja sebagai Kepala Sekolah di salah satu SDN di Lampung berinisial DRS.

Dana tersebut disebut Densus nantinya akan digunakan untuk mengirim kader-kader JI ke sejumlah negara syam atau konflik untuk melakukan agenda Jihad Global. Misalnya negara yang dituju seperti Suriah, Irak, dan Afghanistan.

Di negara tersebut, kata dia, kader-kader akan dilatih untuk meningkatkan kemampuan militernya ataupun menjalin komunikasi dan berdiplomasi dengan kelompok-kelompok radikal lainnya.

Baca Juga:  Kotak Amal Pendanaan JI Tak Spesifik, Polri: Agar Warga Tak Curiga

“Ini untuk meningkatkan kemampuan pasukan tempur dari anggota JI dan tentunya untuk meningkatkan kemampuan militer dari anggota JI tersebut,” ucap dia.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Akhirussanah PPUM

Ponpes Ummil Mu’minin Simbaringin Gelar Akhirus Sanah: Mencetak Generasi Qur’ani Berwawasan Global

PPUM – Pondok Pesantren Ummil Mu’minin Simbaringin, Mojokerto, Jawa Timur menggelar Haflah dan Akhirus Sanah …

Wanita Arab Saudi dengan model rambut baru

Tak Lagi Wajib Pakai Jilbab, Wanita Arab Saudi Eforia Rambut Bondol

Riyadh – Para wanita di Arab Saudi kini tak lagi wajib memakai jilbab. Kerajaan Arab …