Kertas Al Quran
Kertas Al Quran

Ketua PP Muhammadiyah Minta Motif Pembuat Petasan dari Lembaran Al-Quran Diusut

Jakarta – Mushaf Al-Quran harus dijaga dengan baik, tidak boleh diletakkan dengan sembarangan, apalagi sampai merobeknya dengan sembarangan. Namun betapa terkejutnya warga saat mengetahui kertas Al-Quran digunakan sebagai petasan.

Warga Cileduk, Tangerang, Banten tidak sengaja mengetahui sobekan Al-Quran dijadikan petasan, baru mengetahuinya setelah akan diledakkan sehingga membuat marah sebagian warga. Berita yang viral karena video yang disebarkan oleh netizen tersebut juga turut dikomentari oleh PP Muhammadiyah.

“Dilihat motivasinya, apa mereka ada kesengajaan atau tidak. Atas pabrik yang masif gitu dari Al-Quran atau apa. Kan bisa saja mereka beli kertas itu satu abrek, tidak diketahui kertas apa. Mudah-mudahan tidak sengaja,” kata Ketua PP Muhammadiyah, Dadang Kahmad kepada wartawan, seperti dikutip dari laman detikcom. Minggu (12/9/2021).

Dadang meminta agar kasus ini diusut tuntas jika ada unsur kesengajaan. Dia menegaskan bahwa Al-Quran adalah lembaran yang perlu dihormati.

“Saya kira kalau itu disengaja, mempunyai niatnya tidak baik, melecehkan ya mungkin perlu diusut. Karena itu kita kan menganggap lembaran Al-Qur’an itu sesuatu yang perlu kita hormati, kita jaga,” kata dia.

Serpihan lembaran Al-Quran ini berasal dari petasan saat acara pernikahan sebuah keluarga di Ciledug. Dadang memahami bahwa pihak keluarga yang menggelar hajatan tidak mengetahui bungkus petasan yang mereka beli di pasar itu.

“Kalau keluarga jelas tidak akan tahu. Tetapi yang pabriknya yang harus dilihat, apakah mereka bermotivasi melecehkan atau tidak,” kata dia.

Selain itu, Dadang juga mengajak masyarakat untuk tidak membakar petasan karena situasi pandemi. Dia menyarankan agar biaya untuk membeli petasan itu disumbangkan untuk orang yang membutuhkan.

“Berhati-hati dan tidak usah bakar petasanlah, dalam suasana seperti ini prihatin dengan COVID, dari pada pakai beli petasan dipakai beli kebutuhan sehari-hari ya, dibagikan kepada orang-orang. Kan petasan itu semacam ekspresi kegembiraan, dan suasana begini kan kita masih prihatin,” jelasnya.

Baca Juga:  Jangan Ada Yang Berpikir Tiadakan Pendidikan Agama di Sekolah

Viral Video Petasan Pakai Kertas Al-Quran

Sebelumnya sebuah video viral di media sosial memperlihatkan sobekan bekas petasan bertuliskan ayat suci Al-Quran di Ciledug, Tangerang. Aparat kepolisian tengah menyelidiki toko penjual petasan tersebut.

“Jadi gini, betul kami telusuri. Jadi mungkin yang bikin acara itu nggak tahu ya. Untuk sementara itu masih diselidiki,” kata Kassubag Humas Polres Metro Tangerang Kota Kompol Abdul Rochim saat dihubungi detikcom, Minggu (12/9).

Dalam video itu terlihat sejumlah warga tengah mengais sobekan kertas pembungkus petasan yang sudah hancur. Sobekan kertas yang diduga Al-Qur’an berserakan di tanah.

“Kurang ajar nih. Petasan dari Al-Qur’an,” ucap salah seorang dalam video yang beredar itu.

Ketua RW setempat, Suharjo Cipto (47), memberikan penjelasan terkait hal itu. Dia mengatakan acara pernikahan salah seorang warganya itu terjadi pada Sabtu, 11 September, kemarin. Setelah itu, petasan dinyalakan yang kemudian diketahui bahwa petasan itu terbuat dari lembaran Al-Qur’an.

Acara itu merupakan pernikahan anak Herman Permana. Herman sendiri yang juga membeli petasan itu di daerah Tangerang Selatan (Tangsel).

“Belinya di Kebun Manggis, Kelurahan Pondok Kacang Timur, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Saya belinya sebelum Jumatan, dipasangnya Sabtu,” ujar Herman di tempat yang sama.

Herman sendiri tak menyangka petasan itu terbuat dari lembaran Al-Qur’an. Sebab, petasan itu disebut Herman awalnya berbentuk seperti petasan biasa.

“Kaget saya, sebagai orang Islam kaget saya. Nggak (curiga), saya mah beli sudah 3 kali petasan juga nggak pernah begini,” kata Herman.

 

 

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

pwnu dki jakarta menyalurkan keasiswa kepada santri

Peringati Hari Santri, PWNU DKI Jakarta Salurkan Beasiswa 200 Santri

JAKARTA  – Akar historis Hari Santri adalah tercetusnya Resolusi Jihad yang dikeluarkan oleh KH Hasyim …

Pondok pesantren

Pesantren Berperan Besar Sebarkan Ajaran Islam ke Seantero Nusantara

Jakarta – Pesantren berperan besar dalam memperkuat pendidikan Islam dan generasi bangsa. Melalui pesantren juga, …