aliran sesat
aswaja

Masyarakat Harus Mengetahui Kesesatan Wahabi (3) : Wahabi Beraqidah Mujassimah dan Musyabbihah

Mujassimah adalah berkeyakinan bahwa Allah swt terdapat jizim (anggota tubuh) sekalipun jizim tersebut tidak sama dengan makhluk, seperti memiliki wajah, tangan dan mata. Sementara Musyabbihah artinya meyakini Allah swt memiliki kesamaan dengan Allah swt, seperti duduk, turun dari atas ke bawah dan sebagainya. Sejak masa Salaf, dua bentuk keyakinan ini menjadi perhatian dalam khazanah keislaman sehingga banyak perdebatan-perdebatan tidak kunjung selesai hingga saat ini.

Tentang Mujassimah dan Musyabbihah, ulama’ sepakat ini adalah keyakinan yang fatal dan sesat. Orang-orang yang berkeyakinan bahwa Allah swt berjisim dan bergerak atau diam adalah orang yang sedang tersesat. Bahkan tidak sedikit dari ulama’ sampai mengkafirkannya. Diantara ulama’ yang mengkafirkan Mujassimah adalah Imam Syafi’i. Dalam kitab Al Asybah wa Annadzoir disebutkan:

قَالَ الشَّافِعِيُّ لَا يُكَفَّرُ أَحَدٌ مِنْ أَهْلِ الْقِبْلَةِ وَاسْتَثْنِيْ مِنْ ذَلِكَ اَلْمُجَسِّمَ وَ مُنْكِرَ عِلْمِ الْجُزْئِيَّاتِ

Artinya: “Imam Syafi’i berkata: Tidak seorang pun yang dihukumi kafir dari orang-orang yang shalatnya menghadap kiblat, aku mengecualikan dari hal tersebut kepada Mujassim dan orang-orang yang mengingkari bahwa Allah swt mengetahui hal-hal yang terperinci” (Al Asybah wa An Nadhoir)

Begitu juga, imam Syafi’i menghukumi kafir terhadap orang-orang yang berkeyakinan bahwa Allah swt berada di Arsy. Dalam kitab Najmul Muhtadi disebutkan:

قَالَ الشَّافِعِيُّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ مَنْ قَالَ أَوْ إِعْتَقَدَ أَنَّ اللهَ جَالِسٌ عَلَى الْعَرْشِ فَهُوَ كَافِرٌ

Artinya: Imam Syafii berkata: Barangsiapa yang berkata atau berkeyakinan bahwa Allah swt duduk di Arsy, maka ia telah kafir

Imam Ibn Hajar al Haitami mengutip pernyataan imam al Qarafi bahwa imam Syafi’i, imam Malik, imam Ahmad bin Hanbal dan imam Hanafi sepakat akan kafirnya orang-orang yang berkeyakinan Allah swt memiliki arah dan berjisim.

وَاعْلَمْ أَنَّ الْقَرَافِيَ وَغَيْرَهُ حَكَوْا عَنِ الشَّافِعِيِّ وَمَالِكٍ وَأَحْمَدَ وَأَبِيْ حَنِيْفَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ اَلْقَوْلَ بِكُفْرِ الْقَائِلِيْنَ بِالْجِهَّةِ وَالتَّجْسِيْمِ

Artinya: Ketahuilah olehmu bahwa imam Qarafi dan lainnya bercerita tentang imam Syafii, imam Malik, imam Ahmad dan imam Abu Hanifah radiyallahu anhum berkata tentang kekafiran orang-orang yang mengatakan bahwa Allah swt memiliki arah dan berjisim (Ibn Hajar al Haitami, Al Minhajul Qawim)

Bahkan menurut Sayyid Ibrahim al Maraghini al Maliki mengatakan kekafiran mujassimah sudah disepakati oleh seluruh umat Islam. Dalam kitabnya Thali’ul Busyra ala al Aqidah al Shughra berkata:

وَيُسَمَّى اَلْاِعْتِقَادَ الْفَاسِدَ كَاعْتِقَادِ قِدَمِ الْعَالَمِ أَوْ تَعَدُّدِ الْإِلَهِ أَوْ أَنَّ اللهَ تَعَالَى جِسْمٌ وَصَاحِبُ هَذَا الْاِعْتِقَادِ مُجْمَعٌ عَلَى كُفْرِهِ

Artinya: Keyakinan tersebut disebut dengan keyakinan yang fasid, seperti meyakini bahwa alam adalah qadim (dahulu), Tuhan itu banyak, dan Allah swt berjisim. Orang yang berkeyakinan seperti ini disepakati kekafirannya (Thaliul Busyra ala al Aqidah al Shughra).

Tidak diragukan lagi, pada saat ini kelompok yang berkeyakinan bahwa Allah swt berjisim dan berdiam di Asry adalah Wahabi. Bahkan mereka mengkafirkan orang-orang yang tidak berkeyakinan demikian. Muhammad Shalih Utsaimin, salah satu tokoh Wahabi berkata:

وَنُؤْمِنُ بِأَنَّ لِلّٰهِ تَعَالَى عَيْنَيْنِ اِثْنَتَيْنِ حَقِيْقَتَيْنِ

Artinya: Kami meyakini bahwa bagi Allah swt memiliki dua mata yang hakikat (bukan majaz) (Aqidah Ahlissunnah Wal Jamaah)

Ibn Taimiyah, penggagas pola pikir Wahabi juga berkata Allah swt berada di langit, dan ini disepakati oleh orang muslim atau non muslim.

وَقَدْ اِتَّفَقَتِ الْكَلِمَةُ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْكَافِرِيْنَ أَنَّ اللهَ فِي السَّمَاءِ وَحَدُّوْهُ بِذَلِكَ إِلَّا الْمَرِيْسِيَّ اَلضَّالَّ وَأصَحْاَبه حتى الصبيان الذين لم يبلغوا الحنث قد عرفوه بذلك إذا حزب الصبي شيء يرفع يده إلى ربه يدعوه في السماء دون ما سواها

Bagikan Artikel ini:

About M. Jamil Chansas

Dosen Qawaidul Fiqh di Ma'had Aly Nurul Qarnain Jember dan Aggota Aswaja Center Jember

Check Also

aliran sesat

Masyarakat Harus Mengetahui Kesesatan Wahabi (1) : Ciri-Ciri Aliran Sesat Secara Umum

Sebelum membahas tentang ajaran Wahabi yang sangat meresahkan di tengah umat Islam, ada baiknya kita …

wahabi

Apakah Wahabi termasuk Ahlussunnah Wal Jama’ah ?

Istilah Ahlussunnah wal Jama’ah pertama kali diperkenalkan oleh Ibn Abbas ra. ketika menafsirkan ayat 106 …