al khawarizmi
al khawarizmi

Mengenal Ilmuwan Muslim Al Khwarizmi : Bapak Algoritma dan Penemu Aljabar

Jika berbicara soal Matematika pasti banyak sekali pemikiran yang ada di benak kita. Banyak yang menganggap matematika adalah ilmu yang rumit dan sulit untuk dimengerti. Dan tentu paling dibenci ketika di bangku sekolah.

Bagi sebagian orang, matematika merupakan momok yang menakutkan. Sebenarnya, jika kita mau mempelajari secara lebih dalam, matematika selalu menjadi bagian penting dalam seluruh prinsip sains yang baru bahkan yang terdahulu. Mulai dari teknologi komputer, permainan dalam game online, astronomi, dan masih banyak yang lainnya menggunakan matematika sebagai landasan utamanya.

Perkembangan komputer seperti saat ini yang semakin lama semakin maju dan canggih tidak bisa dilepaskan dari rumus matematika. Bagi sebagian orang yang berprofesi sebagai programmer tentunya algoritma akan sering di pergunakan saat melakukan pengembangan programnya. Dasar matematika terbesar yang berperan banyak dalam kemajuan teknologi ialah ilmu algoritma.

Nah, jarang juga diketahui bahwa salah satu ilmuwan yang memiliki peran penting dalam perkembangan teknologi terutama di bidang komputer adalah Al Khawarizmi. Al Khawarizmi memiliki nama lengkap Muhammad ibn Musa Al Khwarizmi. Di negara-negara barat Al Khawarizmi lebih dikenal dengan sebutan Al Goritmi atau Al Gorismi. Beliau lahir pada tahun 780 M di Khawarizm atau sekarang dikenal sebagai kota Khiva yang terletak di negara Uzbekistan.

Beliau hidup pada masa khalifah Abbasiyah Al-Ma’mun, pada masa inilah ilmu pengetahuan berada di puncak kejayaannya, hingga Harun Al-Rasyid memutuskan untuk membuat pusat penelitian yang dinamakan Bait Al-Hikmah. Sejak didirikannya, bait Al-Hikmah menjadi pusat penelitian ilmu pengetahuan, dan perpustakaan besar. Di tempat inilah banyak penerjemahan buku dan juga publikasi ilmu pengetahuan berkumpul dan berbagi pengetahuan mereka tak terkecuali Al Khawarizmi.

Aljabar merupakan karya pertama Al Khawarizmi yang berupa buku, dalam buku yang beliau ciptakan banyak membahas solusi sistematik dari linear dan notasi kuadrat. Aljabar adalah cabang Matematika yang menggabungkan angka rasional, irasional, dan magnitude geometris yang menjadi objek-objek dalam aljabar. Khawarizmi juga berperan dalam pengembangan tabel sinus, cosinus, dan trigonometri. Selain dikenal sebagai bapak aljabar, Al-Khawarizmi juga dikenal sebagai penemu angka nol. 

Sepanjang hidupnya, Al-Khawarizmi mengabdi dalam bidang pendidikan dan riset ilmiah. Hal itu membuatnya mahir menguasai bahasa-bahasa dan menerjemahkan buku. Berkat kecintaannya terhadap dunia pendidikan, ia berhasil membuat banyak karya. Di negara Eropa, karyanya banyak ditranslasikan ke dalam bahasa Latin sebagai Algorithmi, Algorismi ataupun Alchawarizmi. Karena itulah, Al-Khawarizmi banyak dikenal sebagai Algorizm di berbagai belahan Eropa.

Dengan nama Algorizm inilah, kemudian banyak orang menyebut karya ciptaannya dengan konsep algoritma. Dalam perhitungan logaritma sekarang sudah banyak dipergunakan secara luas terutama di bidang komputer atau sains dan engineering yangbersumber dari hasil pemikiran beliau.

Bukan hanya bidang matematika saja, namun Al-Khawarizmi juga banyak menyumbang bidang dari ilmu pengetahuan lainnya. Seperti pada bidang geografi, Al-Khawarizmi mampu menyempurnakan peta Ptolemeus dalam karya yang berjudul Kitāb ṣūrat al-Arḍ, penemuannya ini dinilai sangat bermanfaat untuk menentukan posisi. 

Baca Juga:  Ilmuwan Muslimah Cantik Ini Adalah Jadi ‘Otak’ Misi Luar Angkasa UEA ke Mars

Beliau merupakan sosok seorang muslim yang cerdas dalam berbagai bidang. Kita sebagai seorang muslim seharusnya bangga dan mampu termotivasi akan kesuksesan dan kecerdasan Al-Khawarizmi dalam menekuni ilmu matematika. Islam sejatinya merupakan peradaban yang dibangun dengan ilmu pengetahuan. Sayangnya saat ini umat Islam justru larut dalam hal perbedaan yang furu’ sehingga tidak mampu menjulang tinggi menaikkan peradabannya.

Bagikan Artikel ini:

About Ernawati

Avatar of Ernawati

Check Also

millah ibrahim

Doktrin Millah Ibrahim : Tidak Ada Korban Manusia untuk Memuja Tuhan

Apa itu millah Ibrahim? Millah adalah pedoman hidup yang berupa aturan dan ajaran demi demi …

puasa tarwiyah dan arafah

Sudah Mendekati Idul Adha, Jangan Lupa Puasa Tarwiyah dan Arafah! Ini Dalil Keutamaan dan Niatnya

Hari raya Idul Adha tahun 2021 ini jatuh pada tanggal 20 Juli. Walaupun dalam kondisi …