perhatian al-quran tentang orang berilmu
al Quran

Nuzulul Qur’an, Ini Tiga Tujuan Al Quran Diturunkan ke Bumi

Setiap tanggal 17 Ramadlan, kebanyakan umat Islam merayakan Nuzulul Qur’an. Kerena menurut banyak keterangan, pada malam itu, al Qur’an diturunkan oleh Allah. Ada keterangan lain, bahwa al Qur’an diturunkan di malam Lailatul Qadar. Memang ada perbedaan dalam hal ini di kalangan ulama’, namun hal itu tidak penting, yang sangat penting kita sebagai umat Islam mensyukuri dengan fakta diturunkannya al Qur’an kepada kita umat Islam, bukan umat agama lainnya. Ini merupakan salah satu keistimewaan dari Allah untuk umat Islam dibanding umat-umat lainnya.

Lalu untuk apa Allah menurunkan al Qur’an kepada umat manusia ?

Ada tiga tujuan Allah menurunkan al Qur’an ke muka bumi. Ketiga tersebut termaktub dalam firman Allah:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

Artinya: “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda” (QS. Al Baqarah: 185)

Pertama, Al Qur’an diturunkan sebagai petunjuk (al huda) bagi manusia yang menyempurnakan dari petunjuk-petunjuk sebelum al Qur’an yang tertuang dalam kitab Zabur, Taurat dan Injil. Artinya hamba-hamba Allah yang mengikuti petunjuk yang berada dalam al Qur’an maka ia tidak akan terjebak kepada jalan yang sesat.

Kedua, Al Qur’an diturunkan sebagai bukti dan argumenasi tentang kebenaran al Qur’an sebagai petunjuk itu sendiri. Ibn Katsir mengatakan:

وَدَلَائِلُ وَحُجَجٌ بَيِّنَةٌ وَاضِحَةٌ جَلِيَةٌ لِمَنْ فَهِمَهَا وَتَدَبَّرَهَا دَالَّةٌ عَلَى صِحَّةِ مَا جَاءَ بِهِ مِنَ الْهُدَى اَلْمُنَافِي لِلضَّلَالِ

Artinya: “Bukti-bukti dan argumentasi yang jelas bagi orang yang paham dan berpikir yang menjelaskan akan kebenaran petunjuk yang menyelamatkan dari kesesatan”.

Menurut imam Al Baghawi, maksud dari bukti dan argumentasi adalah dalil bagi perbuatan yang halal dan perbuatan yang haram. Jadi konteksnya lebih mengarah kepada individu pelaku yang tidak berkaitan dengan orang lain.

Baca Juga:  Malam Jumat Membaca Yasin untuk Orang Meninggal, Mana Dalilnya?

Ketiga, Al Qur’an diturunkan ke muka bumi sebagai Al Furqan, artinya pembeda antara yang haq dan yang bathil. Orang yang berpegang teguh dengan Al Qur’an maka ia akan mengetahui mana perbuatan yang benar dan mana perbuatan yang salah, mana yang baik dan mana yang buruk. Pada tujuan ketiga ini, Al Qur’an lebih mengarah kepada perbuatan individu yang berkaitan dengan sosial masyarakat.

Itulah tiga tujuan utama Al Qur’an diturunkan ke muka bumi. Jika kita cermati, Al Qur’an sepertinya memberikan pesan agar manusia selalu berpikir supaya nanti tidak terjebak kepada perbuatan yang mungkar dan selalu berada di jalan yang haq.

Bagikan Artikel ini:

About Nailatul Alawiyah

Santri PP. Nurul Qarnain Sukowono Jember

Check Also

walimah

Mewakilkan Orang Lain dalam Menghadiri Undangan Walimah, Begini Hukumnya ?

Menurut jumhur fuqaha’, menghadiri walimatul ‘urs adalah wajib bagi setiap individu yang diundang. Bahkan sebagian …

kriteria hewan kurban

Sunnah Berkurban, Ini Jenis dan Kriteria Hewan Kurban

Di antara amaliyah yang sangat disunnahkan di bulan Dzul Hijjah yaitu berkurban. Berkurban artinya menyembelih …