Salat Jamaah pada pandemi Covid
Salat Jamaah pada pandemi Covid

Pandemi Covid-19 Turun ke Level 1, MUI: Salat Normal Lagi, Tapi Tetap Jaga Prokes

Jakarta – Pandemi covid-19 di Indonesia terus mengalami penurunan. Berbagai kebijakan terkait pelonggaran atur telah dibuat pemerintah, seiring dengan turunnnya tren ke level 1. Salah satunya adalah pelaksanaan salat yang boleh digelar berjamaah secara normal  atau dengan shaf rapat.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis mengingatkan shaf salat kembali normal hanya untuk daerah zona hijau atau PPKM level 1.

” Yang sudah area hijau atau PPKM 1 dan tidak banyak orang luar melintas, maka sebaiknya rapatkan (shaf, red),” kata KH Cholil Nafis.

“Tentu dengan protokol kesehatan (prokes), tapi rapatkan shaf salat seusai salat bisa direnggangkan kembali,” katanya.

Ia menerangkan, dipersilakannya umat Islam merapatkan lagi shaf salat berjamaah sesuai Fatwa MUI Nomor 30 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Salat Jumat dan Jamaah untuk Mencegah Penularan Wabah Covid 19 serta Fatwa MUI 14/2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19.

Dijelaskan bahwa tata cara beribadah selama masa pandemi covid-19 menyesuaikan kondisi wilayah tersebut. “Sebab dalam Fatwa MUI sudah dijelaskan bahwa perubahan cara ibadah itu tergantung situasi covid-19 setempat,” papar KH Cholil Nafis

Namun, dirinya tetap mengimbau jamaah selalu menerapkan prokes secara ketat dalam pelaksanaan ibadah salat berjamaah.

“Tentu pakai masker. Yang saya sampaikan masker itu lebih bisa menjaga untuk penularan covid-19, dan jaga kebersihan cuci tangan, dan seterusnya,” pungkas dia.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Habib Husein: Sebarkan Propaganda Tentang Pancasila, Toleransi, dan NKRI ke Milenial Secara Emosional

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

undangan non muslim

Fikih Toleransi (6): Menghadiri Undangan Non Muslim

Toleransi yang sejatinya merupakan ajaran Islam mulai menipis, bahkan dianggap bukan ajaran Islam. Ini terjadi …

toleransi

Khutbah Jumat – Islam dan Toleransi

Khutbah Pertama اَلْحَمْدُ لله الَذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ رَحْمَةً لِلْعَالَمِيْنَ وَهَدَانَا إلَى صِرَاطِ الْمُسْتَقِيْمِ صِرَاطِ الَذِيْنَ …