Sebagaimana aktifitas khas di bulan suci Ramadhan yang banyak mengandung pahala adalah membaca dan mempelajari al-Qur’an. Dalam tradisi Ramadhan aktifitas reliji ini dikenal dengan tadarus.

Setelah shalat tarawih masjid, mushalla dan rumah warga dipenuhi dengan nuansa indah yang menghidupkan malam Ramadhan. Bacaan Qur’an bertebaran dan silih berganti menghiasi malam suci tersebut.

Namun, di tengah Pandemi saat ini, aktifitas berkumpul merupakan aktifitas yang harus dihindari. Bukan tadarusnya dilarang, tetapi aktifitas berkumpulnya harus diminimalisir dan menyesuaikan dengan protocol yang ada.

Apabila shalat Tarawih lebih utama dilakukan di rumah di saat pandemi ini, maka terlebih dengan tadarrus. Karena keduanya, sama sama perbuatan sunnah, bukan perbuatan wajib.

Masyarakat tentu tidak boleh sedih karena akan kehilangan tadarus. Justru kebijakan di rumah saja, dapat dimanfaatkan oleh seluruh umat Islam untuk melakukan tadarus bersama keluarga. Jika bunyi lantunan al-Qur’an itu berada dalam satu corong masjid, bayangkan jika setiap rumah menghiasi tadarus.

Lalu, apa keutamaannya?  Nabi bersabda :

نوروا بيوتكم ما استطعتم فإن البيت الذى يقرأ فيه القرآن يتسع على أهله ويكثر خيره وتحضره الملائكة وتهجره الشياطين وإن البيت الذى لا يقرأ فيه القرآن ليضيق على أهله ويقل خيره وتهجره الملائكة وتحضره الشياطين

Artinya : Sinarilah rumah rumah kalian—semampu kalian—dengan bacaan al-Qur’an. Karena sesungguhnya sebuah rumah yang dibacakan al-Qur’an di dalamnya akan menjadi hunian yang luas. Banyak menyimpan dan menebar kebaikan, serta sering dikunjungi malaikat dan membuat Syetan tidak kerasan dan pergi. Sebaliknya, sebuah Rumah yang tidak pernah dibacakan al-Qur’an di dalamnya, akanmenjadi hunian yang sempit, sedikit kebaikannya, sering dikunjungi Syetan dan Malikat pergi dari rumah tersebut. (Jami’ al-Ahadits, al-Suyuthi, 22/286).

Terdapat tiga keutamaan bertadarrus bersama keluarga di rumah. Pertama, menjadikan rumah memiliki aura positif dan reliji. Kedua, membuat rumah menjadi hunian yang nyaman dan aman. Ketiga, membuat rumah mampu menebarkan kebaikan kepada keluarga dan tetangga.

Aktifitas para ulama salaf adalah menghabiskan membaca al-Qur’an di rumah masing-masing selama bulan Ramadhan. Diceritakan bahwa Imam Syafii selama Ramadhan mengkhatamkan al-Qur’an hingga 60 kali khataman.  Imam Ahmad Ibn Hanbal juga diceritakan pernah bermimpi bertemu Allah, lalu ia bertanya kepada Allah, bacaan apa yang mampu mendekatkan diri kepadaMU ya Allah? Bacaan al-Qur’an. Jawab Allah. Bagaimana bila ia tidak memahaminya? Tanya Ahmad. Memahami ataupun tidak, sama saja, mampu mendekatkan diri kepadaKU. Kata Allah. (Al-Minhaj al-Sawiy, 408 dan 490).

Menurut al-Jurdani al-Dimyathi, membaca al-Qur’an walaupun tidak memahami maksudnya, dia tetap mendapatkan pahala. (Al-jawahir al-Lu’luiyyah, 18).

Yang perlu diingat. Tadarrus al-Qur’an (belajar al-Qur’an) beda dengan membaca al-Qur’an. Membaca mungkin bisa dipahami hanya sekedar membaca. Seandainya memahami bacaannya, maka tak sesempurna memahami al-Qur’an ketika dipelajari (ditadarrusi).

Dengan bertadarrus kita mampu memahami maksud bacaan al-Qur’an untuk dipraktekkan dalam kehidupan kita sehari hari. Apalagi tadarrusnya bersama keluarga, sehingga seorang suami atau bapak mampu menjadi khairukum khairukum li ahlihi dalam sabda Nabi. orang yang paling baik adalah orang yang paling banyak melakukan kebaikan kepada keluarganya.

Lihatlah hikmahnya di tengah pandemi. Ambillah Mutiara hikmah dari apa yang telah ditetapkan oleh Allah. Betapa semaraknya jika malam Ramadhan kita lihat lantunan al-Qur’an di setiap rumah masyarakat. Subhanallah.

1 KOMENTAR

  1. […] Tadarus Al-Qur’an atau membaca Al-Qur’an merupakan salah satu aktifitas bernilai ibadah dalam Islam. Bahkan membaca satu huruf saja mendapatkan pahala sepuluh kebaikan yang juga dapat juga memberkahi tempat yang digunakan untuk membaca Al-Qur’an hingga dikelilingi malaikat dan disebut oleh Allah bersama dengan hamba-hamba-Nya yang mulia. Karena keistimewaan inilah yang melandasi baca Al-Qur’an berbeda dengan membaca teks-teks lain.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.