Kabah Yang Sepi Dari Jamaah Di Masjid Al Haram 200315132547 658
Kabah Yang Sepi Dari Jamaah Di Masjid Al Haram 200315132547 658

Pelaksanaan Haji Sukses, Kabar Baik Bagi Ibadah Umrah

JAKARTA – Kesuksesan pelaksanaan Ibadah Haji tahun ini menjadi momentum bagi pelaksanaan ibadah lainya seperti umrah, harapan untuk dibukannya umrah terbuka lebar, meski nantinya tetap dengan menerapkan protokol kesehatan.

Hingga selesainya pelaksanaan ibadah haji, pemerintah Arab Saudi belum memutuskan kapan akan membuka ibadah Umrah. Informasi tersebut disampaikan oleh perwakilan di KJRI Jeddah.

“Merujuk pada penjelasan Konsul Haji KJRI Jeddah Bapak Endang Jumali, sesungguhnya sampai hari ini pemerintah Saudi belum keluarkan rilis resmi kepastian kapan dan bagaimana umroh akan diselenggarakan,” katanya.

Dikutip dari laman ihram.co.id, Anton mengatakan, jika melihat pelaksanaan haji tahun ini, umroh dapat dilaksanakan di tengah pandemi. Namun karena Covid-19 masih melanda dunia,  bisa dipastikan akan diterapkan pembatasan jumlah jamaah dengan seleksi yang ketat.

“Pasti melalui kriteria yang ketat dan penerapan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 dan meminimalisasi risiko bagi jamaah,” katanya.

Anton mengaku, sampai hari ini himpuh belum tahu umroh akan dibuka kembali. Apakah umroh hanya berlaku bagi warga setempat dan eskpatriat saja seperti haji tahu ini, atau dibuka untuk negara lain juga tapi terbatas semua belum ada kepastiannya.

“Sejujurnya kita belum tahu dampak pembatasan jumlah dan pnerapan protokol kesehatan terhadap kenaikan komponen biaya umrah,” katanya.

Sekarang ini Himpuh akan menggelar pertemuan virtual dengan semua anggotanya. Tujuannya untuk membahas informasi terkait adanya prediksi umroh akan dibuka dalam waktu dekat.  “Insya Allah dalam waktu dekat Himpuh akan menggelar webinar bagi anggota untuk menjawab pertanyaan itu. Mudah-mudahan arab saudi segera merilis pernyataan resmi agar menjadi terang,” katanya. 

Bagikan Artikel
Baca Juga:  Cegah Corona, Masjidil Aqsa Ditutup Total

About redaksi

Avatar