Kabah
Kabah

Pemerintah Bangladesh, Tunggu Arab Saudi Umumkan Kepastian Haji

Jakarta – Bangladesh menjadi salah satu negara dengan penduduk muslim yang cukup besar, setiap tahunnya mengirimkan calon jamaah hari ke Makkah dalam jumlah yang tidak sedikit, namun untuk tahun ini pemerintah Kerajaan Arab Saudi belum memutuskan terkait pelaksanaan ibadah haji dikarenakan masih tingginya pandemi virus Corona.

Melalui Menteri Agama Bangladesh Sheikh Mohammad Abdullah menuturkan, pemerintah Arab Saudi kemungkinan akan mengambil keputusan soal penyelenggaraan haji 2020 pada 15 Juni ini. Dia mengeklaim mengetahui itu karena terus menjalin komunikasi dengan Kerajaan Saudi.

“Kami akan menentukan langkah kami berikutnya setelah berkonsultasi dengan Perdana Menteri Sheikh Hasina, seusai negara tuan rumah (Saud) mengambil keputusan atas haji. Kami siap apapun keputusan Saudi,” katanya dikutip di laman United News of Bangladesh dan diambil dari laman republika.co.id. Ahad (7/6).

Abdullah mengatakan, proses pendaftaran calon jamaah haji telah selesai. Otoritas haji di Bangladesh pun siap mengirim jamaah haji dalam waktu singkat. Jika Saudi memutuskan tidak menggelar penyelenggaraan haji tahun ini karena pandemi, maka para calon jamaah haji yang telah mendaftar akan mendapat prioritas tahun depan.

“Mereka yang sudah menyetor uang untuk haji tidak perlu khawatir, mereka akan mendapatkan prioritas tahun depan. Bahkan jumlah uang yang disetorkan akan dikembalikan jika berubah pikiran sementara itu. Saya jamin itu,” kata Abdullah.

Presiden Asosiasi Lembaga Haji Bangladesh (HAAB), Shahadat Hossain Taslim mengatakan telah menyelesaikan proses pendaftaran calon jamaah haji dan siap mengirim mereka begitu Saudi mengambil keputusan yang mendukung langkahnya itu. Tahun ini, 137.198 orang Bangladesh dijadwalkan pergi ke Arab Saudi untuk berhaji. Arab Saudi, seperti bagian dunia lainnya, sedang bergulat dengan wabah virus corona. Tercatat hingga Jumat (5/6) kemarin, Saudi memiliki 95.748 kasus yang dikonfirmasi. Membatalkan haji akan memberikan pukulan besar terhadap ekonomi negara dan banyak bisnis secara global.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Muncul Klaster Dari Acara Tahlilan di Boyolali, 19 Orang Positif Covid-19

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

kisah nabi adam

Begini Kisah Wafatnya Nabi Adam dan Permintaan Terakhirnya

Jakarta – Nabi Adam AS merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Nabi Adam …

Paham radikalisme pernah menyaru dengan pariwisata pantai di Garut selatan Salah satunya di Desa Mekarwangi Cibalong Yuk lihat keseharian warga Cibalong Pradita Utamadetikcom

Thogutkan Pancasila, Masuk Surga Cukup Bayar Rp 25 Ribu

Garut – Penyebaran paham radikal sudah seperti virus Covid- 19, menyebar dan menyusup ke berbagai …