Drs Sujatmiko
Drs Sujatmiko

Sambut HUT ke-75 RI, Damar Institute & Islamina.id Gelar Webinar tema “Merdeka Dari Islamisme”

Jakarta – Setiap tanggal 17 Agustus bangsa Indonesia akan memperingat Hari Kemerdekaan. Tahun ini adalah Hari Ulang Tahun ke-75 Indonesia yang akan jatuh pada hari Senin (17/8/2020). Dalam rangka merayakan HUT ke-75 Republik Indonesia (RI), Damar Institute dan islamina.id menggelar webinar bertema “Merdeka Dari Islamisme”, Minggu (16/8/2020).

“Topik webinar ini “Merdeka Dari Islamisme”sangat menarik karena momen dalam rangka HUT ke-75 RI,” kata Kasubdit Kontra Propaganda (KP) Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Kolonel Pas Drs. Sujatmiko saat membuka kegiatan tersebut.

Didasari hasil survei sebuah lembaga survei, didapati dari tahun 2005 sampai 2018, terjadi penurunan yang pro ideologi Pancasila. Tahun 2005 yang pro Pancasila masih 85,2 persen, sementara pada 2018 menurun menjadi 75,3 persen. Artinya dalam kurun waktu 13 tahun, publik yang pro Pancasila menurun sekitar 10 persen.

“Faktanya lagi paham-paham ini sudah menyentuh perguruan tinggi, BUMN, ASN, bahkan TNI dan Polri,” tukas Sujatmiko.

Karena itu, berkaitan dengan pencegahan paham radikal terorisme melalui soft approach, sesuai amanat UU Nomor 5 Tahun 2018 menjadi tugas BNPT, kegiatan webinar ini dinilai sebagai bentuk partisipasi publik maupun kearifan lokal.

“Kami sangat mendukung sangat mendukung kegiatan ini dan bersama memperluas jaringan agar kita bisa menyuarakan hal-hal yang benar demi tegaknya NKRI yang berdasarkan ideologi Pancasila,” tuturnya.

Webinar ini menghadirkan narasumber Dr. Abdul Gaffar (Dosen UGM), Kalis Mardiasih (Penulis), 3. KH. Dr. Suaib Tahir, MA (Direktur Damar Institute), sedangkan penanggap Dr. Andy Hadiyanto, MA (DPP ADPISI/ Dosen UNJ), Dr. Supian Ramli (DPP PERSADA/Dosen UNJ),  dan Riadi Budiman, ST.MT (Pendikar Berbasis Pancasila UNTAN), sementara moderator Gus Hatiem Ghazali, MA (Dosen Sampoerna dan RMI PBNU).

Baca Juga:  Ganggu Salat Jumat, Puluhan Orang Nasionalis Hindu India Ditangkap

Webinar diikuti sekitar 200 peserta yang sebagian besar adalah mahasiswa dan mahasiswi.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Upacara peringatan HUT ke RI di Ponpes Ngruki

Ingin Hapus Stigma Radikal, Ponpes Ngruki Gelar Upacara HUT ke-77 RI

Solo – Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki Sukoharjo akan menggelar upacara peringatan HUT RI, besok. Hal …

ustaz abu bakar baasyir mengikuti upacara hut ke ri di ponpes ngruki

77 Tahun Indonesia Merdeka Jadi Momentum Ponpes Al-Mukmin Ngruki dan Ustadz Abu Bakar Ba’asyir Gelar Upacara Bendera

Solo – Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki untuk pertama kalinya menggelar upacara peringatan HUT ke- 77 …