Yaman Perang
Yaman Perang

Selain Perang, 2 Negara Muslim Ini Paling Menderita Dihantam Virus Corona

Sanaa – Pandemi virus Corona atau COVID-19 membuat banyak negara didunia menderita. Namun dari banyak negera itu, yang paling menderita dialami dua negara Islam ini. Pasalnya, tidak hanya berjibaku melawan Corona, mereka masih berperang di dalam negerinya.

World Food Programme (WFP) PBB menyuarakan keprihatinannya pada soal tersebut. Menurut WFP, diprediksi akan ada sekitar 135 hingga 250 juta kasus kelaparan di seluruh dunia akibat pandemi Corona.

Kepala WFP David Beasley mengungkapkan, negara yang paling terdampak adalah negara yang juga diliputi konflik dan perang sipil, seperti Suriah dan Yaman. Untuk itu, Beasley menyaranakan dunia perlu segera bertindak untuk menanggulangi permasalahan ini.

“Saya percaya kalau dengan keahlian dan kemitraan ini, kami bisa membawa tim dan program yang sesuai untuk memastikan agar pandemi COVID-19 tidak menjadi bencana kelangkaan pangan,” ujar David dikutip dari laman Detik.com.

Bermitra dengan sejumlah negara, PBB mengatakan kalau waktu adalah sesuatu yang tidak dimiliki mereka saat ini. Masalah tersebut bisa saja muncul dalam beberapa bulan ke depan.

Sebelumnya, pihak WFP mengatakan kalau mereka akan mengurangi setengah dari bantuan mereka untuk Yaman yang dilanda konflik oleh kelompok Iran Houthi. Bantuan donasi dari sejumlah negara donor pun dikurangi, untuk memastikan kalau bantuan itu tak sampai ke tangan yang salah.

Untuk informasi, pihak WFP rutin memberi makan sekitar 12 juta masyarakat Yaman setiap bulan. Di mana sekitar 80% di antaranya berada di area yang dikontrol oleh kelompok Houthis.

Yaman sendiri telah mengkonfirmasi adanya kasus COVID-19 pertama di negara tersebut pada awal bulan April ini. Kondisi itu pun diperburuk dengan minimnya fasilitas kesehatan Yaman yang banyak bergantung pada negara lain seperti Arab Saudi dan lembaga kemanusiaan lain. Sementara, Suriah masih terlibat perang saudara disamping terus memerangi sisa-sisa kekuatan ISIS.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Sampaikan Bahaya COVID-19, Kapolres Jadi Muazzin Sholat Jumat

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

kiswah kabah

Gantikan Raja Salman, Pangeran Saudi Mohammed bin Salman Cuci Ka’bah

Jakarta – Kain Kiswah atau penutup ka’bah setiap tahunnya diganti, dalam proses pergantian kain Kiswah …

Menag Yaqut Cholil Qoumas

Wujudkan Kampus Toleran dan Harmoni, Moderasi Beragama Penting Diterapkan di Perguruan Tinggi

Jakarta – Moderasi beragama sangat penting diterapkan di perguruan tinggi agar terwujud tradisi kampus yang …