emoji
emoji

Sering Digunakan mengejek, Ulama Bangladesh Keluarkan Fatwa Emoji Tertawa Facebook

DHAKA – Media sosial Facebook telah menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan sejak kemunculannya, facebook digunakan hanya untuk menjalin pertemanan namun juga digunakan untuk berbagai keperluan lainya, seperti bisnis dan mensyiarkan agama.

Namun seiring dengan perkembangan media sosial yang telah menjadi salah satu gaya hidup, seringkali facebook digunakan untuk saling berdebat bahkan saling mengejek menggunakan layanan emoji tertawa yang terdapat pada facebook.

Ulama terkemuka Bangladesh Ahmadullah mengeluarkan fatwa terhadap orang-orang yang menggunakan emoji “haha” atau emoji tertawa di Facebook. Tindakan Ahmadullah ini menyikapi emoji tertawa yang dipakai untuk mengejek orang.

Dilansir dari India Today, Kamis dan republika.co.id (24/6), Ahmadullah memiliki lebih dari tiga juta pengikut di Facebook dan Youtube. Dia secara teratur muncul di acara televisi untuk membahas masalah agama di negara berpenduduk mayoritas Muslim itu.

Kemudian pada Sabtu (19/6) dia memposting video tiga menit di mana dia membahas ejekan orang di Facebook dan mengeluarkan fatwa atau sebuah dekrit Islam. Fatwanya menjelaskan bagaimana penggunaan emoji dihukumi haram (dilarang) jika bertujuan mengejek bagi umat Islam.

“Saat ini kita menggunakan emoji haha ​​Facebook untuk mengejek orang. Jika kita bereaksi dengan emoji haha ​​murni untuk bersenang-senang dan hal yang sama dimaksudkan oleh orang yang memposting konten, tidak apa-apa. Tetapi jika reaksi Anda dimaksudkan untuk mengejek atau mengejek orang yang memposting atau berkomentar di media sosial, itu dilarang sama sekali dalam Islam,” kata Ahmadullah dalam video yang telah dilihat lebih dari dua juta kali.

Dia meminta warganet tidak melakukan tindakan mengejek ini. “Demi Tuhan saya meminta Anda untuk menahan diri dari tindakan ini. Jangan bereaksi dengan ‘haha’ untuk mengejek seseorang. Jika Anda menyakiti seorang Muslim, dia mungkin akan membalas dengan bahasa yang buruk yang tidak terduga,” ujarnya.

Baca Juga:  Akun Organisasi Yahudi Ditutup Facebook, Setelah Cyberbullying Kelompok Islam

Ribuan pengikut bereaksi terhadap videonya, sebagian besar positif, meskipun beberapa ratus orang mengolok-oloknya. Kebanyakan menghinanya dengan menggunakan emoji “haha”.

Ahmadullah adalah salah satu pengkhutbah Islam baru Bangladesh yang paham internet. Dia telah menarik jutaan pengikut secara online. Komentarnya tentang masalah agama dan sosial sangat populer sehingga menarik jutaan penayangan per video.

Beberapa penjelasannya mendapatkan ketenaran dengan klaim aneh tentang asal usul virus corona. Beberapa video dituduh menyebarkan kebencian, sementara beberapa lainnya populer karena menyenangkan.

Bagikan Artikel ini:

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Gus Muwafiq bermain gitar dan musik

Gus Muwafiq: Musik Akan Jadi Alat Setan Bila Dipegang Orang-orang Yang Lalai

Jakarta – Pernyataan Uki Eks Noah bahwa musik itu haram berbuntut kontroversi. Raja Dangdut H. …

Khotbah Jumat

Wacana Khotbah 15 Menit, Muhammadiyah: Singkat Bukan Untuk Cegah Ngantuk, Tapi Sunah Nabi

Jakarta – Wadah Silaturrahmi Khatib Indonesia (Wasathi) mewacanakan usulan khotbah di masjid-masjid di seluruh Indonesia …