200225171520 920
200225171520 920

Ustadz Jeje: Keputusan Kemenag Sudah Tepat Tunda Haji Tahun Ini

JAKARTA – Resmi sudah pemerintah Saudi Arabia mengumumkan pelaksanaan Ibadah Haji 2021 tidak dibuka untuk semua negara, melainkan dikhususkan bagi warga Arab Saudi dan ekspatriat yang berada diwilayah Kerajaan.

Pelaksanaan Ibadah Haji tahun 2021 sama dengan tahun lalu, pembatasan yang dilakukan disebabkan virus Covid- 19 yang masih belum menunjukkan angka penurunan, sehingga pemerintah Arab Saudi mengambil kebijakan serupa dengan tahun lalu. Menanggapi kabar terbaru ini, pendakwah yang juga Wakil Ketua Umum Persis Ustadz Jeje Zainuddin turut buka suara.

Menurutnya, keputusan pemerintah yang lebih dulu mengambil sikap menunda pelaksanaan haji tahun ini sudah tepat. Pemerintah Saudi telah mengumumkan batasan pelaksanaan haji hanya untuk domestik dan dibatasi sebanyak 60 ribu orang.

“Betul, karena terbukti Saudi menunda pengumuman kepastian penyelenggaraan haji mungkin dengan harapan ada perubahan situasi pandemi Covid-19, ternyata tidak ada tanda perubahan menurun secara global di berbagai negara Muslim,” ujarnya.

“Seandainya pun Indonesia diberi jatah kuota jamaah pasti sulit melakukan pelaksanaanya secara matang karena persiapan yang mepet,” kata Ustadz Jeje dalam pesan tertulis, seperti dilansir dari laman republika.co.id Sabtu malam (12/6).

Ia menuturkan penyelenggaraan ibadah haji bukanlah hal sederhana dan tidak bisa disederhanakan, seperti sudah divaksinasi atau belum dan pembatasan jumlah jamaah. Menurutnya ada banyak faktor yang cukup pelik apabila memaksakan pelaksanaan haji tahun ini di mana pengumuman pembukaan haji oleh Saudi terlalu mepet.

Sementara mekanisme pemilihan jamaah, pelatihan manasik, penerapan standar protokol kesehatan di masa Covid-19, dan berbagai perubahan pelaksanaan prosesi ibadah haji yang bisa berakibat kurang sempurnanya pelaksanaan manasik haji. “Belum lagi tidak ada jaminan semua prosedur kesehatan itu benar-benar bisa dilaksanakan secara kedisiplinan dan konsisten. Dalam konteks ini maka bisa dipahami jika penyelenggaraan Ibadah haji tahun ini ditiadakan dan berharap tahun depan benar-benar dapat terselenggara,” ujarnya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Belum Ada Kepastian Ibadah Haji, Kemenag Terus Lakukan Mitigasi dan Koordinasi dengan DPR

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

pasukan pemerintah melintasi masjid di marawi city filipina selatan

Masjid Agung Marawi City Kembali Dibuka Setelah Direnovasi Pasca Pengepungan Kelompok Teroris Daes

MARAWI—Marawi, Filipina sempat mejadi daerah yang sangat berbahaya, daerah yang dikepung oleh pasukan teroris yang …

makanan maulid

Ini 7 Makanan Khas Yang Selalu Hadir Pada Bulan Maulid Nabi di Berbagai Daerah yang Rasanya Enak

Jakarta – Masyarakat Indonesia mempunyai cara yang khas dalam menyambut dan merayakan Maulid Nabi Muhammad …