doa 10 hari terakhir ramadan
ramadan

7 Amalan yang Diperbanyak Rasulullah Saat Bulan Ramadan

Ramadan adalah waktu yang tepat untuk menjadi ladang pahala dari semua ibadah yang dilakukan oleh para muslim dengan syarat menjalankannya dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati. Menjadi ladang pahala karena dalam mengerjakan ibadah kita dilipatgandakan pahala dari Allah.

Terdapat beberapa ibadah sunnah yang hanya dilakukan di bulan Ramadan dan ada pula sunnah diperbanyak di bulan suci ini walaupun terdapat pula di selain bulan Ramadan. Meski tergolong singkat namun amalan-amalan ini tergolong istimewa karena hanya ada di bulan Ramadan saja.

Amalan-amalan yang ada pada bulan Ramadan ini cukup berbeda dari ibadah sunnah di hari-hari biasa. Bukan hanya pahala yang berlipat, namun dalam menjalankan ibadah sunnah ini juga mampu meningkatkan keimanan dan takwa kepada Rasulullah.  Ibadah Sunnah ini juga sangat dianjurkan oleh Rasulullah untuk di kerjakan oleh umatnya. Sudah sepantasnya kita meneladani apa yang telah di contohkan oleh rasulullah. Beberapa amalan sunnah yang di contohkan Rasulullah.

  1. Makan Sahur

Sebagian orang menganggap, makan sahur sebelum menjalankan ibadah puasa Ramadan bukanlah sesuatu yang wajib. Padahal terdapat pahala yang besar bagi mereka yang melalukan sahur sebelum berpuasa. Makan sahur merupakan berkah dan dianjurkan untuk tidak meninggalkannya, walaupun hanya minum setenggak air. Keistimewaannya Allah dan para malaikat mendoakan orang yang makan sahur. “Makan sahur adalah berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya, walau kalian hanya meminum seteguk air, karena Allah dan para malaikat mendoakan orang yang makan sahur.” (H.R. Ahmad).

  1. Tadarus Alquran

Bulan Ramadan merupakan waktu yang tepat bagi umat Islam untuk introspeksi diri dan kembali ke jalan kebenaran sesuai yang diperintahkan Allah SWT. Bulan Ramadan memiliki kaitan erat dengan al-Quran dan malaikat Jibril. Sebab, salah satu malam di bulan Ramadan diketahui merupakan waktu pertama kali diturunkannya wahyu Allah melalui malaikat Jibril. “Jibril menemuinya pada tiap malam-malam bulan Ramadan dan dia (Jibril) bertadarus Alquran bersamanya.” (H.R. Bukhari No. 3220).

  1. Bersedekah
Baca Juga:  Al-Hanifiyah As-Samhah : Sikap Beragama yang Dicintai Allah

Seperti yang diceritakan Ibnu Abbas ra dalam sebuah hadist shahih, kebaikan dan kebiasaan Rasulullah untuk bersedekah disebut semakin meningkat di bulan Ramadan hingga diibaratkan layaknya angin yang berhembus.”Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah manusia yang paling dermawan dan kedermawanannya semakin menjadi-jadi saat Ramadan apalagi ketika Jibril menemuinya. Dan Jibril menemuinya setiap malam bulan Ramadan, dia bertadarus Alquran bersamanya. Maka, Rasulullah sangat dermawan dengan kebaikan laksana angin yang berhembus.” (H.R. Bukhari No. 3220).

  1. Memberi Makan Orang yang Berpuasa

Selain mendapatkan pahala lantaran berpuasa, memberikan sedekah berupa makanan untuk berbuka puasa orang lain juga dapat mendatangkan kebaikan bagi kita. Selain itu, tali silaturahmi pun senantiasa tetap terjalin antar sesama umat Islam. “Barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang itu. (HR. At Tirmidzi No. 807).

  1. Iktikaf

Iktikaf merupakan istilah untuk umat Islam saat berdiam diri sembari berdoa di masjid pada waktu sepertiga akhir bulan Ramadan. Pahala bagi siapa pun yang dapat mengerjakannya pun sungguh tak terbatas. “Bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf pada 10 hari terakhir bulan Ramadan sampai beliau diwafatkan Allah, kemudian istri-istrinya pun iktikaf setelah itu”. (HR. Bukhari, No. 2026, Muslim No. 1171, Abu Daud No. 2462. Ahmad No. 24613, dan lainnya)

  1. Memperbanyak Melafalkan Doa

Selain itu, memperbanyak untuk melafalkan doa adalah amalan sunah saat Ramadan yang juga banyak mendatangkan pahala. Hal ini seperti sabda Rasulullah SAW yang berbunyi, “Ada tiga manusia yang doa mereka tidak akan ditolak: doa orang yang berpuasa sampai dia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang teraniaya.” (H.R. At Tirmidzi No. 2526, 3589, Ibnu Hibban No. 7378, dishahihkan oleh Imam Al Baihaqi).

  1. Qiyam Ramadan
Baca Juga:  Cara Berpakaian Nabi Ketika Menyambut Tamu Agung

Qiyam Ramadan yaitu melakukan ibadah sholat tarawih dan sholat malam lainnya. Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang salat malam pada bulan Ramadan karena iman dan mengharap ganjaran dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu. (HR. Bukhari No. 37, Muslim No. 759) Tak hanya mendapatkan limpahan pahala, mengerjakan amalan sunah sat Ramadan yang satu ini juga dapat menghapuskan dosa.

Seorang muslim yang mengerjakan salat malam dengan niatan untuk mengharap pahala dan hendak bertakwa, maka dosanya disebut akan diampuni Allah SWT. 8. Umrah Amalan sunah lainnya yang dapat dikerjakan saat bulan Ramadan adalah umrah. Rasulullah SAW bersabda, bagi siapa pun yang hendak mengerjakan umrah saat bulan suci Ramadan, maka niscaya pahalanya akan sama besarnya dengan muslim yang telah mengerjakan ibadah haji. “Sesungguhnya umrah ketika bulan Ramadan sama dengan menunaikan haji atau haji bersamaku.” (HR. Bukhari No. 1863, Muslim No. 1256)

 

Bagikan Artikel ini:

About Puji Rahayu Ningsih

Avatar of Puji Rahayu Ningsih

Check Also

dicintai allah

Sering Gagal Cinta? Cinta kepada Allah Tidak Akan Pernah Ditolak, Ini Kuncinya!

Kita sebagai manusia dibekali Allah dengan perasaan cinta. Pada dasarnya cinta merupakan sebuah anugerah dan …

10 hari terakhir ramadhan

Anjuran dan Cara Rasulullah Menghidupkan 10 Hari Terakhir Ramadan

Ramadan kini telah memasuki fase 10 hari terakhir. Di fase ini ada waktu yang banyak …