Bahaya Perut Kekenyangan

Pada dasarnya Islam melarang semua perbuatan yang dilakukan secara berlebihan Termasuk makan dan minum Aktivitas sehari hari yang tidak bisa dihindarkan oleh manusia Namun demikian ada aturan aturan yang harus diperhatikan Makanan yang dikonsumsi harus baik dan halal serta tidak boleh mengisi perut dengan kadar berlebihan atau kekenyangan Diriwayatkan dari Al Miqdam bin Ma dikarib ia berkata Rasulullah bersabda Tidak ada tempat yang diisi sampai penuh oleh bani Adam yang lebih buruk daripada perutnya HR Tirmidzi dan ia menghasankannya Secara tegas hadis ini melarang umat Islam makan sampai melebihi batas kenyang Karena di samping akan berakibat buruk pada badan ada dampak negatif terhadap jiwa Sebagaimana diketahui manusia dan hewan hanya dibedakan oleh akal Perut yang kekenyangan mendorong nafsu hewani manusia untuk selalu dipuaskan Kalau nafsu hewani tersebut dituruti manusia sama seperti binatang bahkan bisa lebih sesat Cukuplah untuk anak Adam makan sekedar untuk menegakkan tulang punggungnya Kecuali jika ia melakukannya tanpa dapat terelakkan Ibnu Majah meriwayatkan dengan lafazh Apabila seorang anak Adam tidak mampu mengendalikan dirinya maka batasi sepertiga untuk makanan sepertiga untuk minuman dan sepertiga untuk nafasnya Hadits ini menunjukkan celaan terhadap orang yang suka berlebihan dalam perkara makan atau celaan terhadap orang yang kekenyangan dan memenuhi perutnya dengan makanan Hadits ini juga mengabarkan efek negatifnya terhadap agama dan badan Karena makan yang berlebihan akan menimbulkan berbagai penyakit dan dapat menghalangi seseorang dalam melaksanakan hukum hukum Allah Rasulullah telah memberi petunjuknya yang terbaik untuk seorang insan bahwa kapasitas makanan terbaik yang masuk ke dalam lambung hanyalah sepertiga Dengan ukuran ini dapat meringankan kerja lambung bermanfaat bagi tubuh dan dapat menguatkan badan serta menjauhkannya dari berbagai macam penyakit Banyak hadits hadits yang mencela seseorang yang makan hingga kekenyangan Di antaranya adalah hadits yang diriwayatkan oleh Al Bazzar dengan dua sanad Salah satunya ia riwayatkan dengan sanad yang marfu dan perawi perawi yang tsiqah Orang yang sering kenyang semasa di dunia adalah orang yang paling banyak mengalami kelaparan di hari kiamat kelak Baca Juga Pesan Umar bin Khattab untuk Generasi Penerus Bangsa Sabda di atas diucapkan Rasulullah kepada Abu Juhaifah yang pada saat itu mengeluarkan suara sendawa Beliau lalu menyindirnya Perutku belum pernah penuh sejak tiga puluh tahun lalu Imam Thabrani meriwayatkan sebuah hadis bahwasanya Rasulullah pernah melihat seorang laki laki yang memiliki perut yang sangat gendut kemudian beliau berkata sambil memberikan isyarat dengan jari jarinya Seandainya perutmu tidak segendut ini tentulah lebih baik bagimu Allah berfirman Pada hari kiamat kelak akan dihadirkan seorang yang bertubuh besar tinggi banyak makan dan minum akan tetapi di sisi Allah tidak lebih berat tidak lebih bernilai dari pada sayap nyamuk Jika engkau mau silahkan baca Kami tidak mengadakan suatu penilaian bagi amalan mereka pada hari kiamat QS Al Kahfi 105 Dampak Terlalu Banyak MakanDalam sebuah hadis Rasulullah pernah menegur Aisyah karena kebanyakan makan Suatu ketika Nabi pernah melihatku yang pada saat itu aku makan dua kali sehari lantas beliau bersabda Ya Aisyah apakah kamu suka jika kamu tidak punya kesibukan lain selain urusan perut Makan dua kali sehari termasuk pemborosan dan sesungguhnya Allah tidak menyukai orang orang yang berbuat boros Diriwayatkan oleh Ibnu Abu Dunya dan Thabrani bahwasanya Rasulullah SAW pernah bersabda Kelak akan muncul para laki laki dari umatku makan dengan berbagai macam jenis makanan minum dengan berbagai macam jenis minuman memakai berbagai macam mode pakaian dan terlalu besar ceritanya Mereka adalah seburuk buruk umatku Luqman pernah berkata kepada anaknya Wahai anakku apabila lambung sudah penuh maka pikiran akan tertidur tidak dapat mendengar hikmah dan anggota badan pun menjadi sulit untuk beribadah Pengosongan perut dari makan mengandung berbagai faedah dan pemenuhan perut memiiiki efek negatif Perut yang lapar dapat membersihkan hati menghilangkan sifat jelek dan dapat membuat cerdas Adapun perut yang kenyang akan membuat otak menjadi bodoh membutakan hati memperbanyak penguapan pada lambung dan otak seperti seorang yang sedang mabuk dan hal itu mengakibatkan tertutupnya pikiran sehingga hati menjadi berat ketika dibawa untuk berpikir Di antara faedah perut yang lapar adalah melemahkan dorongan hawa nafsu untuk melakukan perbuatan maksiat dan sanggup mengendalikan nafsu yang senantiasa menyuruh orang berbuat buruk Seluruh kemaksiatan bersumber dari dorongan hawa nafsu yang sangat kuat dan unsur yang dapat memperkuat syahwat tersebut adalah makanan Hikmah Perut LaparDengan meminimalisasi makanan berarti dapat melemahkan dorongan hawa nafsu Kehidupan sejahtera akan didapatkan oleh seseorang apabila ia mampu mengendalikan nafsunya Adapun kehidupan yang celaka akan didapatkan oleh seorang yang tidak mampu mengendalikan hawa nafsunya Dzun Nun berkata Aku tidak berbuat maksiat atau muncul keinginan untuk melakukannya kecuali di saat perutku terasa kenyang Aisyah Radhiyallahu Anha berkata Bid ah pertama yang muncul setelah Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam wafat adalah bid ah kekenyangan Apabila suatu kaum berada dalam keadaan perut kenyang maka hawa nafsu mereka akan memberikan dorongan yang sangat kuat untuk meraih dunia Dikatakan bahwa lapar merupakan salah satu perbendaharaan milik Allah Ta ala Ketika perut lapar maka yang pertama sekali melemah adalah nafsu seks dan nafsu berbicara Jika perut seseorang sedang lapar maka tidak ada gerakan nafsu dan keinginan untuk berbicara sehingga orang tersebut terhindar dari kesalahan lisan Dalam keadaan seperti ini nafsu seks juga akan melemah sehingga orang tersebut terhindar dari perbuatan perbuatan yang terlarang Di antara faedahnya yang lain adalah akan mengurangi tidur Sebab seorang yang makan dan minum dengan jumlah yang banyak maka tidurnya juga akan semakin lama dan tentunya banyak tidur menimbulkan kerugian di dunia dan di akhirat serta akan terluput dari semua manfaat agama dan dunia Di dalam kitab Al Ihyaa Al Ghazali mencantumkan sepuluh faedah dalam mengurangi makan dan sepuluh efek negatif akibat banyak makan Oleh karena itu selayaknya seorang hamba tidak melakukan hal itu karena akan mendorong dirinya untuk bersikap rakus dan ia akan merasa kesulitan untuk meninggalkannya Oleh karena itu dari awal harus dilakukan tindakan preventif karena mencegah lebih mudah daripada menghilangkan efek negatif yang telah timbul Pembicaraan perkara ini tidak perlu diperpanjang lagi karena hal ini dapat diketahui dari pengalaman dan masing masing orang pasti pernah mengalaminya Pengalaman merupakan salah satu bukti yang harus diperhitungkan Wallahu A lam

Bagikan Artikel ini:

About Islam Kaffah

Check Also

duduk di kuburan

Saat Ziarah, Bolehkah Duduk di Kuburan?

Meskipun arus puritanisasi  mengklaim ziarah kubur adalah ritual bid’ah, tapi tidak banyak muslim nusantara yang …

shalat ghaib korban bencana

Shalat Ghaib untuk Korban Bencana

Pada tanggal 4 Desember 2021 telah terjadi peningkatan aktifitas vulkanik di gunung semeru. Hal itu …