Ingin Meneladani Rasulullah, Inilah Doa Memakai dan Menanggalkan Pakaian

0
5585
doa memakai baju

Nabi Muhammad adalah teladan yang memberikan contoh dan bimbingan dalam segala ruang kehidupan, termasuk doa memakai dan melepas pakaian.


Islam sebagai agama yang syamil mengajarkan segala hal bagi umatnya. Nabi Muhammad sebagai teladan memberikan contoh dan bimbingan dalam segala ruang kehidupan dari bangun tidur hingga tidur lagi. Dari awal manusia dilahirkan hingga dikuburkan.

Dalam kehidupan banyak hal sepele yang sering terlupakan. Padahal semua yang dipraktikkan Nabi bertujuan supaya segala aktivitas umat Islam mempunyai nilai ibadah. Untuk meneladani Rasulullah secara totalitas memang berat dan bisa dikatakan mustahil.

Namun begitu, tetap harus berupaya semaksimal mungkin untuk mengikuti sunnah beliau. Karena ada satu kaidah, “Apa yang tidak bisa dicapai seluruhnya tidak baik ditinggalkan semuanya”. Meskipun sebagian harus tetap diusahakan.

Hiasi Rutinitas dengan Doa

Salah satu teladan Nabi yang sering terlupakan adalah membaca doa saat memakai baju dan melepasnya. Rutinitas sehari-hari yang pasti terjadi pada semua orang. Karena itu apabila tidak dimanfaatkan supaya memiliki nilai ibadah sangat disayangkan.

Imam Nawawi dalam kitabnya al Adzkar li al Nawawi menulis doa yang dibaca Rasulullah ketika hendak memakai dan melepas pakaian berdasar riwayat Ibnu Sunni dari Abu Sa’ad al Khudri di bawah ini.

 أن النبيّ صلى اللّه عليه وسلم كان إذا لبس ثوباً سمَّاهُ قميصاً أو رداء أو عمامة يقول : ” اللَّهُمَّ إني أسألُكَ منْ خَيْرِهِ وَخَيْر ما هُوَلَهُ وأعُوذُ بِكَ مِنْ شَرّهِ وَشَرّ ما هُوَ لَه “

“Bahwa Nabi Muhammad saw apabila mengenakan pakaian; gamis, selendang atau sorban, beliau berdoa: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu akan kebaikan pakaian ini dan kebaikan yang berkaitan dengannya. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatannya dan dari kejahatan yang diakibatkannya”. (al Adzkar li al Nawawi, I: 45).

Doa Memakai Pakaian Baru

sementara doa saat hendak memakai pakaian baru adalah seperti riwayat Mu’ad bin Anas berikut ini.

عن معاذ بن أنس رضي اللّه عنه  أن رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم قاال : ” مَنْ لَبِسَ ثَوْباً فَقالَ : الحَمْدُ للّه الذي كَساني هَذَا الثَّوْبَ وَرَزَقنيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَ لا قُوَّة غَفَرَ اللّه لَهُ ما تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ ”

Rasulullah bersabda: “Barang siapa memakai pakaian baru, lalu mengucapkan doa “Segala puji bagi Allah yang memberi pakaian ini kepadaku dan memberi rizqi kepadaku tanpa daya dan upaya dariku” Allah mengampuni dosanya yang telah lalu. (al Adzkar li al Nawawi, I: 46)

Doa lain yang diajarkan oleh Rasulullah ketika akan memakai pakaian baru adalah hadis riwayat Abu Sa’id al Khudri.

كان رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم إذا استجدّ ثوباً سمَّاه باسمه عمامة أو قميصاً أو رداء ثم يقول : ” اللَّهُمَّ لَكَ الحَمْدُ أنْتَ كَسَوْتِنِيهِ أسألُكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ ما صُنِعَض لَهُ وأعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرّ ما صُنِعَ لَهُ ”

Ketika akan mengenakan pakaian baru Rasulullah menyebut namanya; sorban, gamis atau selendang, kemudian beliau berdoa: “Ya Allah, segala puji hanya milikMu, Engkau pakaikan (pakaian) ini kepadaku, aku memohon kepadaMu akan kebaikannya, dan kebaikan sesuatu yang dijadikan karenanya. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatannya dan kejahatan yang terjadi karenanya”.

Hadis di atas derajatnya shahih. Adapula ulama hadis yang menyatakan hadis hasan seperti keterangan dalam kitab al Futuhat al Rabbaniyah. Hadis di atas diriwayatkan oleh Abu Daud dan Nasa’i. Menurut Imam Turmudzi hadis hasan. Dengan demikian, kualitas hadisnya tidak diragukan. (al Adzkar li al Nawawi, I: 47).

Doa Melepas Pakaian

 عن أنس رضي اللّه عنه قال   :  قال رسول اللّه صلى اللّه عليه وسلم : ” سِتْرُ ما بَيْنَ أَعْيُنِ الجِنّ وَعَوْرَاتِ بَنِي آدَمَ أنْ يَقُولَ الرَّجُلُ المُسْلِمُ إذَا أرَاد أنْ يَطْرَحَ ثِيابَهُ : بِسْمِ اللَّهِ الذي لا إِلهَ إلاَّ هُوَ ”

Dari Anas, Rasulullah bersabda: “Sebagai penutup aurat anak Adam (Manusia) dari pandangan mata Jin, apabila ia hendak melepas pakaiannya ialah membaca “Dengan nama Allah, tiada Tuhan selain Dia”. (al Adzkar li al Nawawi, I: 53).

Inilah doa yang diajarkan oleh Rasulullah disaat akan memakai pakaian dan bila hendak melepas pakaian. Semoga kita bisa meneladani sunnah beliau.