kurban
kurban

Fatwa MUI: Kurban Tak Bisa Diganti Dengan Uang

Jakarta – Mejelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa Nomor 36 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Salat Idul Adha dan penyembelihan Hewan Kurban Saat Wabah Covid-19. Dalam fatwa ini, MUI menegaskan kurban tidak bisa diganti dengan uang.

“Ibadah kurban tidak dapat diganti dengan uang, atau barang lain yang senilai. Meski ada hajat dan kemaslahatan yang dituju. Apabila hal itu dilakukan, maka dihukumi sebagai shadaqah,” ujar Sekretaris Komisi Fatwa MUI KH Asrorun Ni’am Sholeh dalam keterangan resmi, Jumat (10/7/2020).

Namun, kurban dapat dilakukan dengan cara taukil, yaitu pekurban menyerahkan sejumlah dana seharga hewan ternak kepada pihak lain. Baik individu maupun lembaga sebagai wakil untuk membeli hewan kurban, merawat, meniatkan, menyembelih, dan membagikan daging kurban.

Dalam pelaksanaan kurban di tengah wabah Covid-19, MUI mengimbau agar tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku, baik dari MUI maupun pemerintah, seperti melakukan physical distancing, memakai masker hingga mencegah kerumunan.

“Penyembelihan kurban dapat dilaksanakan bekerja sama dengan rumah potong hewan dengan menjalankan ketentuan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 12 Tahun 2009 tentang Standar Sertifikasi Penyembelihan Halal,” tutur Asrorun.

Selain itu, pelaksanaan penyembelihan kurban bisa mengoptimalkan keluasan waktu selama empat hari. Mulai setelah pelaksanaan Salat Idul Adha pada 10 Dzulhijjah hingga sebelum maghrib 13 Dzulhijjah 144 Hijriah.

“Pendistribusian daging kurban dilakukan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Tak Ada Masjid Resmi, Muslim Yunani Kesulitan Ibadah

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

KH Cholil Nafis

Masalah Warisan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, Ini Jawaban KH Cholil Nafis

Jakarta – Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Ardiansyah meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas, beberapa …

Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar

Ajakan Tak Digubris Ketua Umum, Rais Aam PBNU Putuskan Gelar Konbes Jelang Muktamar 7 Desember

Jakarta – Suasana jelang pelaksanaan Muktamar ke-34 Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) semakin panas. Hal …