Arsul Sani
Arsul Sani

Heboh Lomba Penulisan Hari Santri, PPP Minta BPIP Ganti Tema dan Juru Bicara

Jakarta – Kontroversi terus bergulir menanggapi lomba penulisan artikel dalam rangka Hari Santri Nasional 2021 yang digelar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Protes datang dari segala penjuru terkait dua tema yang diusung dalam lomba itu yaitu ‘Hormat Bendera Menurut Hukum Islam’ dan ‘Menyanyikan Lagu Kebangsaan Menurut Hukum Islam’.

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani dikutip dari laman detikcom, Jumat (13/8/2021), mengatakan, tema lomba seperti yang dipostingkan itu malah membuka ruang untuk diperdebatkan di tengah masyarakat. Menurutnya, soal hormat kepada bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan itu sesuatu yang sudah (tidak) jadi masalah bagi mayoritas umat Islam.

“Ormas-ormas Islam lain seperti Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU), dan lain-lain, sudah tidak mempermasalahkan hormat bendera maupun menyanyikan lagu kebangsaan,” ujarnya.

“Cobalah (tema) diganti, misalnya bukan dengan menulis atau berargumentasi tentang hormat bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan. Tapi lomba foto dengan pakaian santri hormat pada bendera atau menyanyikan lagu kebangsaan. Jadi bukan ditanya pandangan hukumnya tentang kedua hal itu,” tegas Arsul.

Selain itu, imbuh Arsul, untuk menjelaskan masalah itu, BPIP menjadikan Romo Benny Susetyo sebagai juru bicara. “Nanti belum apa-apa akan dipertanyakan lagi siapa beliau itu bicara sesuatu yang kaitannya dengan Hari Santri atau kalangan Islam,” sebutnya.

PPP meminta BPIP untuk lebih bijak dan kreatif dalam mengartikulasi dan mengemas program-program membangun nasionalisme.

Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo (Romo Benny) pun meluruskan maksud lomba artikel hari Santri yang ramai diprotes itu. Dia mengatakan lomba ini memang dikhususkan untuk hari Santri sehingga temanya pun disesuaikan.

Ditegaskan tidak ada maksud dari BPIP untuk membenturkan nilai agama dan nasionalisme sebagaimana narasi yang diviralkan. Menurutnya, tema itu dimaksudkan untuk memupuk rasa cinta pada Tanah Air.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Cinta Laura: Jangan Atasnamakan Tuhan Untuk Kepentingan Pribadi

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Serah terima bantuan rumah dari Laznas Baitulmaal Muamalat kepada mantan pengikut aliran Hakekok Balakasuta

Laznas Baitulmaal Muamalat Serahkan Rumah Harapan Untuk Mantan Penganut Hakekok Balaksuta

Pandeglang – Masih ingat dengan penganut aliran kepercayaan Bakekok Balakasuta yang pernah menghebohkan Pandeglang dengan …

20210923170611

Taliban Akan Kembali Berlakukan Hukum Potong Tangan

KABUL – Pasca berhasil menguasai Afganistan, Taliban selalu menjadi perbincangan, berbagai spekulasi dan analisis diutarakan oleh …