118773240 mekkahpayung
118773240 mekkahpayung

Ini Alasan Arab Saudi Batasi Volume Pengeras Suara di Masjid

Arab Saudi – Pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan kebijakan terkait pembatasan suara pengeras suara masjid, karena dianggap mengganggu orang yang sedang sakit disekitar masjid jika dibunyikan tanpa mengenal waktu, oleh karena itulah suara pengeras hanya akan dibunyikan ketika adzan dan iqomah.

Keputusan tersebut dikeluarkan melalui Menteri Urusan Islam Abdullatief al-Sheikh, setelah mendengar masukan dari masyarakat, kebijakan yang mendapatkan dukungan namun tidak sedikit yang menentang dengan berbagai reaksi di media sosial.

Tagar yang menyerukan agar musik keras dilarang di restoran-restoran maupun kafe mulai menjadi trending. Seperti dilansir dari laman viva.co.id Kamis (03/6).

Sheikh mengatakan keluhan itu di antaranya dilayangkan oleh para orang tua yang mengaku bahwa pengeras suara dari masjid itu mengganggu tidur anak-anak.

Berbicara dalam video yang ditayangkan oleh televisi pemerintah, Sheikh mengatakan bahwa mereka yang ingin salat tidak perlu menunggu panggilan azan.

Dia menyebut orang-orang yang mengkritik kebijakan itu melalui online sebagai “musuh kerajaan” dan mengeklaim mereka “ingin menggerakkan opini publik”.

Peraturan pembatasan volume pengeras suara masjid ini muncul ketika Putra Mahkota Mohammed bin Salman melanjutkan upaya guna membuat Arab Saudi lebih liberal dan mengurangi peran agama dalam kehidupan publik.

Kebijakan pembatasan sosial telah dilonggarkan, seperti diakhirinya larangan pengemudi bagi kaum perempuan.

Tapi sang putra mahkota juga menindak kebebasan berekspresi di negara itu.

Ribuan kritikus telah ditangkap dan dipenjarakan.

Tempat ibadah mulai dibuka dalam pengawasan ketat

Sementara itu, beberapa situs paling penting di dunia Islam telah dibuka kembali dua bulan setelah pandemi virus corona memaksa situs-situs itu ditutup.

Pembukaan ini memungkinkan para jamaah masuk ke dalamnya dengan aturan ketat.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Pengurus Masjidil Haram dan Masjid Nabawi Lakukan Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

20210923170611

Taliban Akan Kembali Berlakukan Hukum Potong Tangan

KABUL – Pasca berhasil menguasai Afganistan, Taliban selalu menjadi perbincangan, berbagai spekulasi dan analisis diutarakan oleh …

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara di depan Majelis Umum PBB

Turki di Garis Terdepan Perang Melawan Islamofobia

New York – Turki siap mengambil peran utama dalam berperang melawan Islamofobia di komunitas internasional. …