stress
stress

Lagi Stres, Ini Doa-doa Penghilang Stres yang Diajarkan Rasulullah SAW

Seorang manusia pasti pernah dan akan mengalami permasalahan. Baik itu masalah terkait sekolah, pekerjaan, rumah tangga, hubungan persahabatan maupun percintaan. Masalah-masalah itu biasanya berwujud tekanan, acaman maupun perubahan kondisi begitu cepat yang belum kita antisipasi sebelumnya.

Hal-hal tersebutlah yang membuat akal dan emosional kita merespon dengan perasaan dan pikiran yang tak menentu. Situasi semacam itu biasanya membuat kondisi fisik berubah drastis. Dari yang sebelumnya sehat, nyaman dan tenang, lalu fisik kita berubah yang ditandai dengan otot kaku, nafas sesak, jantung berdetak cepat dan tekanan darah meningkat. Gambaran di atas, biasa kita sebut sebagai stres.

Stres tak hanya dialami oleh orang dewasa. Anak-anak bisa terkena stres. Tentu dengan ukuran dan penyebabnya masing-masing. Namun yang jelas, keadaan stres ini, jangan sampai berlarut-larut terjadi. Karena ini akan mengganggu pikiran dan mental kita sehingga berakibat produktifitas kita sehari-hari menjadi menurun.

Jika stres tak cepat ditangani, maka puncaknya adalah muncul kemarahan, frustasi dan putus asa yang diwujudkan dalam perilaku-perilaku kita. Oleh karena itu, harus ada ikhtiar lahir dan batin untuk menghilangkan stres. Ikhtiar lahiriyah bisa diupayakan sendiri-sendiri, karena itu menyangkut perbedaan kapasitas diri dan kompleksitas permasalahan yang membuat kita stres.

Nah, untuk menunjang ikhtiar lahiriyah, wajib kiranya kita untuk melakukan ikhtiar batiniyah. Salah satu ikhtiar batiniyah yang diajarkan Rasulullah SAW adalah berdoa Berdoa -kepada Allah meminta kemudahan untuk menyelesaikan permasalahan dan memasrahkan segala sesuatu kepada Allah. Karena jelas. Segala sesuatu yang terjadi itu atas kehendak Allah yang maha kuasa. Maka wajib hukumnya bagi kita untuk meminta kebaikan kepadaNya.

Doa-doa penghilang stres

Ternyata nabi Muhammad SAW pernah mengajarkan kepada sahabat-sahabatnya doa-doa penghilang rasa stres dan meminta perlindungan pada Allah agar hati kita menjadi tenang. Doa-doa penghilang stres yang diajarkan nabi Muhammad SAW itu tercatat dalam kitab al-Adzkaar karya Imam Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi yang beliau ambil hadist yang berisi doa ini dari kitab Sunan Abi Daud dan Sunan An-Nasa’i.

Baca Juga:  Tingkatan Doa Menurut Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani

Hadist-hadist yang berisi doa-doa penghilang rasa stres itu yakni sebagai berikut:

اللهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو، فَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

Allahumma rahmataka arjuu falaa takilni ilaa nafsii tharfata ‘aini, ashlihlii sya`nii kullahu, laa ilaaha illa anta

“Ya Allah, hanya rahmat-Mu lah yang kuharap, janganlah Engkau biarkan aku (tanpa rahmat-Mu) sekejap mata pun. Perbaikilah segala urusanku. Tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Engkau. (HR. An-Nasa’i)

فَإِذَا غَلَبَكَ أَمْرٌ فَقُلْ حَسْبِىَ اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Rasulullah Saw bersabda, “Apabila suatu perkara membuatmu tertekan, maka ucapkanlah, Hasbiallahu wa ni’mal wakil (Cukuplah Allah bagiku dan Dia adalah sebaik-baik pelindung).” (HR. Abu Daud)

Bagikan Artikel
Best Automated Bot Traffic

About M. Alfiyan Dzulfikar

Avatar