al azhar
al azhar

Masjid Al-Azhar Mesir Akan Ditutup Pada 10 Hari Terakhir Ramadhan

KAIRO – Pada bulan ramadhan tahun-tahun sebelumnya, Masjid Al-Azhar selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat untuk melaksanakan sholat berjamaah dan tarawih terlebih di malam 10 akhir ramadhan, masyarakat semakin ramai karena banyak yang berjamaah sekaligus menlanjutkan dengan I’tikaf. Namun, tahun ini dikarenakan kondisi penyebaran virus Corona yang masih tinggi, maka Masjid Al-Azhar akan ditutup pada 10 malam terakhir puasa.

Di Masjid Al-Azhar berjamaah hanya akan dilakukan oleh Imam dan pengurus masjid, guna menghindari penyebaran Covid- 19 semakin meluas. Pelaksanaan sholat isya dan tarawih di masjid Al-Azhar akan disiarkan di laman Youtube dan Facebook resmi masjid. 

Dilansir di Egypt Independent dan dikutip dari laman republika.co.id, Senin (4/5), pengelola masjid Al-Azhar menekankan umat Islam harus menunaikan sholat di rumah dan mematuhi pedoman pencegahan virus corona dari Kementerian Kesehatan.

Mulai Sabtu lalu, Kementerian Wakaf Mesir telah menetapkan untuk menyiarkan sholat isya dan tarawih di Masjid Amr ibn Al-As di Kairo melalui radio. Penyiaran itu dilakukan bekerja sama dengan Saluran Radio Al Quran Al Kareem dan Kementerian Telekomunikasi.

Pelaksanaan sholat di masjid tersebut akan diikuti oleh imam dan dua pekerja masjid. Kementerian mengatakan, sholat Jumat dan sholat berjamaah di masjid akan tetap ditiadakan sampai wabah berlalu.

Menteri Wakaf Mohamed Mokhtar Gomaa mengatakan, saluran radio akan memilih qari quran untuk melaksanakan sholat tanpa menggunakan pengeras suara eksternal, untuk mencegah perkumpulan publik di dekat masjid. Selama Ramadhan, pemerintah Mesir memang menangguhkan semua kegiatan keagamaan, termasuk sholat di masjid dan kegiatan berbuka puasa bersama. Hal itu ditetapkan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona di negara itu. Pemerintah Mesir menekankan, masjid-masjid akan tetap ditutup selama Mesir terus mencatat kasus-kasus virus corona baru dan selama larangan berkumpul diberlakukan. Pada 21 Maret lalu, kementerian tersebut mengeluarkan perintah menghentikan sementara kegiatan sholat Jumat dan berjamaah, serta menutup semua masjid.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Masjid Nabawi Izinkan Umat Salat Jamaah, Tapi di Atap

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

kisah nabi adam

Begini Kisah Wafatnya Nabi Adam dan Permintaan Terakhirnya

Jakarta – Nabi Adam AS merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Nabi Adam …

Paham radikalisme pernah menyaru dengan pariwisata pantai di Garut selatan Salah satunya di Desa Mekarwangi Cibalong Yuk lihat keseharian warga Cibalong Pradita Utamadetikcom

Thogutkan Pancasila, Masuk Surga Cukup Bayar Rp 25 Ribu

Garut – Penyebaran paham radikal sudah seperti virus Covid- 19, menyebar dan menyusup ke berbagai …