anak baligh
anak baligh

Mendidik Anak dengan Karakter dan Kepribadian Rasul

Bagi orang tua, mereka akan melakukan apapun untuk berhasil dalam membentuk karakter anak agar menjadi pribadi yang tangguh dan mampu menjadi manusia yang berakhlakul karimah. Cara yang bisa dilakukan sebagai orang tua salah satunya dengan cara meneladani sifat yang dimiliki oleh Muhammad Rasulullah.

Mulai dari anak  di usia balita, para orang tua bisa menanamkan sifat maupun perilaku Rasulullah yang sudah banyak kita ketahui. Penanaman tersebut dapat dilakukan dalam keseharian mereka. Rasulullah banyak memberikan contoh baik kepada umatnya supaya mampu untuk di jadikan pedoman dalam hidup.

Seperti yang kita ketahui, Muhammad Rasulullah memiliki sikap terpuji. Dalam setiap perkataan dan perbuatan beliau mampu menjadi contoh yang baik bagi umatnya terdahulu hingga sekarang. Itulah sebabnya, penting bagi orang tua menanamkan sifat dan sikap yang dimiliki Rasulullah supaya perilaku tersebut terbawa hingga anak menginjak usia remaja bahkan hingga mereka tua.

Pelajaran tentang sifat wajib yang dimiliki seorang Rasul bukan sekedar pelajaran untuk dihafalkan, tetapi nilai untuk diteladani. Sifat terpuji Rasulullah yang dapat kita tanamkan kepada anak kita mulai usia dini yakni Shiddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathonah.

1. As-Shiddiq

Sifat pertama yang dimiliki Rasulullah yang mampu menjadi pedoman umatnya ialah sifat jujur. Jujur merupakan sikap menyatakan sesuatu sesuai dengan fakta sebenarnya. Beliau selalu jujur dalam perkataan dan perbuatan benar. Anak-anak kita tanamkan juga seperti itu. Dalam situasi apapun, sifat kejujuran harus dimiliki, karena tanda anak hebat adalah jujur.

2. At-Tabligh

At-Tabligh yang berarti menyampaikan. Sebagai utusan Allah, sudah pasti Rasulullah menyampaikan wahyu yang bersumber dari Allah dan Beliaupun tidak akan menyembunyikan wahyu satupun kepada umatnya. Wahyu tersebut disampaikan Rasulullah guna menjadi pedoman hidup umatnya supaya menjadi umat yang lebih baik daripada umat sebelumnya.

Baca Juga:  Nasehat Suami Ketika Menghadapi Istri yang Boros

Sifat tabligh bagi anak yakni mereka diharapkan mampu menyampaikan pesan yang mereka dapatkan kepada orang yang berhak menerima pesan tersebut dan tak ada satupun pesan yang terlewatkan bagi si penerima, informasi yang komplit mampu mengurangi kesalahpahaman antara satu dengan yang lainnya.

3. Al-Amanah

Amanah merupakan sikap yang dapat dipercaya oleh semua golongan. Dengan meneladani sikap amanah Rasulullah dalam menyampaikan ajaran Islam kepada umat manusia, kita akan mampu menanamkan sifat ini kepada sang buah hati, maka merekapun akan melaksanakan apa yang percayakan kepada mereka dengan sebaik-baiknya. Dan ketika mereka telah berjanji kepada siapapun, maka mereka akan berusaha untuk menepatinya. Karena jika sekali kita tidak menepati, maka kepercayaan orang akan hilang kepada kita.

4. Fathanah

Sikap terakhir yang harus kita pupuk kepada anak kita ialahaAl-Fatanah, sifat ini memperlihatkan bahwa Muhammad Rasulullah memiliki kecerdasan yang tinggi sehingga beliau mampu menyampaikan pesan di tengah kaum yang masih jahiliyah kala itu. Kita pahami betapa berat tugas yang diemban Rasulullah. Selain dikenal sebagai seorang yang cerdas, Rasulullah juga terkenal sangat arif dan bijaksana. Dalam mengambil keputusan didasari dengan pertimbangan dan pemikiran matang.

Karena itulah, tugas orang tua sebagai pendidik harus mengondisikan agar anak rajin belajar, menjadi anak cerdas dan pandai. Sebagai orang tua hendaknya kita mampu mendampingi dan memfasilitasi berbagai kebutuhan penunjang belajar sang anak. 

Bagikan Artikel ini:

About Indah Fauziah

Avatar of Indah Fauziah

Check Also

penyebab malas beribadah

Beribadah untuk Mengingat Jati Diri Manusia, Kenali 4 Penyebab Manusia Malas Beribadah

Manusia diciptakan oleh Allah bukan untuk sekedar main-main, bersenda gurau atau kegiatan yang lainnya yang …

shalat taubat

Rasulullah Saja Mengucapkan Kata Taubat Setiap Hari, Begini Cara Shalat Taubat

Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang menyucikan diri.” (QS. Al-Baqarah: 222) …