Salat jamaah
Salat jamaah

Terkait Rapatkan Shaf Salat Berjamaah, DMI Tunggu Pemerintah

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) mempersilakan umat Islam merapatkan shaf salat berjamaah di masjid untuk daerah yang kasus covid-19 sudah dapat dikendalikan. Kendati demikian protokol kesehatan tetap harus ketat diterapkan.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) KH Masdar Farid Mas’udi masih menunggu penegasan pemerintah. Ia mengaku belum mendapat informasi adanya imbauan baru teknis pelaksanaan ibadah di masa pandemi covid-19.

“Belum ada, itu sejauh yang saya tahu. Kita tunggu saja penegasan dari pemerintah perihal protokol 3M,” jelas Masdar dikutip dari laman okezone, Jumat (1/10/2021).

Sebelumnya, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis mempersilakan umat Islam merapatkan shaf salat berjamaah di masjid untuk daerah yang kasus covid-19 sudah dapat dikendalikan, khususnya di daerah level 1 atau zona hijau.

Kiai Cholil menerangkan, dipersilakannya umat merapatkan lagi shaf sholat berjamaah sesuai Fatwa MUI Nomor 30 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Salat Jumat dan Jamaah untuk Mencegah Penularan Wabah Covid-19 serta Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19.

Dijelaskan bahwa tata cara beribadah selama masa pandemi covid-19 menyesuaikan kondisi wilayah tersebut. “Sebab dalam fatwa MUI sudah dijelaskan bahwa perubahan cara ibadah itu tergantung situasi covid-19 setempat,” papar Kiai Cholil Nafis.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Cegah Virus Corona, Meluas Wali Kota Bandung Ikuti Panduan Ibadah Ramadhan

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

muslim houston amerika serikat rayakan idul fitri dengan menggelar festival

Komunitas Muslim Houston bagikan Makan Gratis Tunawisma

JAKARTA – Islam adalah agama rahmatan lil’alamin, rahmat yang bukan saja untuk umat Islam namun …

ilustrasi logo nahdlatul ulama

Konbes NU 2022 Lahirkan 19 Peraturan untuk Perkuat Landasan Jam’iyah Optimalisasi Khidmah

JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Konbes NU) 2022 …