panjang umur
panjang umur

Tiga Puluh Amal yang Bisa Memanjangkan Umur (2)

Kualitas umur kita ditentukan oleh kita sendiri. Tentu, tidak boleh lupa berdoa kepada Allah memohon keberkahan umur. Ikhtiar kearah tersebut telah dicontohkan oleh Nabi dengan beberapa amalan yang bisa menambah panjang (kualitas) umur. Lima telah dijelaskan sebelumnya.

Inilah lanjutan amalan yang bisa memanjangkan umur :

Keenam adalah bersuci dari hadas di rumah sebelum berangkat ke masjid untuk menunaikan shalat berjamaah. Sebagaimana hadis riwayat Abu Daud, “siapa yang berangkat ke masjid untuk shalat berjamaah dalam keadaan suci pahalanya sama seperti orang melakukan ibadah haji yang ihram”.

Karenanya, sangat dianjurkan mensucikan badan terlebih dahulu di rumah ketika akan berangkat ke masjid untuk shalat berjamaah, kecuali dalam kondisi darurat atau hajat tertentu yang menyebabkan tidak bersuci di rumah.

Ketujuh, menempati shaf pertama ketika shalat berjamaah. Hadis riwayat Imam Ahmad menceritakan, “Allah dan para malaikat bershalawat (memohonkan ampunan) kepada orang-orang yang berada di shaf pertama. Juga hadis riwayat Imam Nasa’i dan Ibnu Majah, “Rasulullah mendoakan orang-orang yang menempati shaf pertama tiga kali dan satu kali untuk yang menempati shaf kedua.

Kedelapan, memperbanyak shalat (sunnah) ketika berada di tanah haram (Makkah dan Madinah), lebih-lebih disaat haji atau umrah. Shalat sekali di Masjidil Haram lebih utama seratus ribu kali dari shalat di masjid lain. Hal ini seperti dijelaskan oleh Nabi.

Kesembilan, mengerjakan shalat sunnah di rumah. Rasulullah bersabda, “paling utamanya shalat seseorang adalah di rumahnya, kecuali shalat wajib”. (Muttafaq ‘alaih).

Kesepuluh, senantiasa shalat isya’dan subuh berjamaah. Dari Usman bin Affan, Rasulullah bersabda, “barang siapa shalat Isya’ berjamaah seakan ia bangun (beribadah) separuh malam, dan barang siapa shalat Isya’ dan subuh berjamaah seakan ia bangun (beribadah) sepanjang malam”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Pepatah Arab mengatakan “waktu ibarat pedang, jika kita tidak memanfaatkannya maka ia yang akan memotong kita”. Kerugian terbesar bagi seseorang jika melewatkan waktu begitu saja, tidak mengisinya dengan beribadah.

Ibadah memiliki makna yang sangat luas. Mencari nafkah apabila niatnya semata mencari ridha Allah dan untuk memenuhi kebutuhan keluarga dinilai sebagai ibadah. Demikian juga aktivitas yang lain, akan bernilai ibadah jika diniatkan untuk menggapai keridhaan Allah. Kalau ini yang kita lakukan, kebahagiaan di dunia dan di akhirat yang didapat.

Bagikan Artikel ini:

About Nurfati Maulida

Avatar of Nurfati Maulida

Check Also

al harrah

Al Harrah; Tragedi Pemerkosaan dan Pembunuhan Massal Masa Khalifah Yazid bin Mu’awiyah

Peristiwa tragis tragedi kemanusiaan pernah terjadi pada masa Khalifah Yazid bin Mu’awiyah. Penduduk Madinah tidak …

sunat perempuan

Hukum Fikih tentang Sunat bagi Perempuan

Sunat atau khitan pada perempuan merupakan fenomena sosial yang bisa ditemukan diberbagai belahan dunia, termasuk …