panjang umur
panjang umur

Tiga Puluh Amal Yang Bisa Memanjangkan Umur (3)

Kesebelas, lanjutan amal yang bisa menambah (kualitas) umur adalah shalat Dhuha. Shalat ini setara dengan 360 sedekah sehari. Tentang keutamaannya disebut dalam salah satu hadis Nabi. Dari Abu Dzar, Nabi bersabda, “Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus disedekahi; amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah. Dan semua itu dapat diganti dengan shalat Dhuha dua rakaat”. (HR. Muslim).

Dua belas, hadir ke majlis ilmu di pagi hari. Nabi bersabda, “Paling baik bagi seseorang adalah di waktu pagi datang ke masjid, tujuannya tidak lain untuk mengaji atau mengajar. Ia diberi pahala seperti pahala haji yang sempurna”. (HR. Thabrani).

Tiga belas, melakukan sunnah-sunnah pada hari jum’at. Seperti mandi sunnah untuk menunaikan shalat jum’at, berangkat sebelum khatib membaca khutbah dan sebagainya.

Empat belas, memiliki keinginan kuat untuk melakukan ibadah haji dan umrah. Dari Abdullah bin Mas’ud, Nabi bersabda, “Tidak ada balasan pahala yang layak bagi haji mabrur kecuali surga”. (HR. Turmudzi).

Bahkan, kalau memungkinkan, dianjurkan untuk sering melakukan ibadah haji dan umrah. Seperti Sa’id bin Musayyab yang melakukan ibadah haji sebanyak 40 kali.

Lima belas, umrah di bulan Ramadhan. Dari Ibnu Abbas, Nabi bersabda, “Umrah di bukan ramadhan (seperti) melakukan ibadah haji bersamaku”. (HR. Bukhari).

Yakni, pahala ibadah umrah di bulan ramadhan sama seperti pahala ibadah haji yang dikerjakan bersama Rasulullah.

Enam belas, membantu menghilangkan kesusahan dan kesulitan kaum fakir miskin. Amal ini bahkan lebih utama dari pada ibadah haji.

Tujuh belas, shalat di masjid Quba’. Dari Sahal bin Hanif, sesungguhnya Rasulullah bersabda, “Barang siapa bersuci di rumahnya kemudian datang ke masjid Quba’ dan shalat, ia diberi pahala seperti pahala ibadah umrah”. (HR. Ibnu Majah).

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  3 Amalan yang Dapat Memperpanjang Umur

About Nurfati Maulida

Avatar of Nurfati Maulida

Check Also

silaturrahmi non muslim

Silaturahmi Kepada Orang Tua dan Saudara Non Muslim, Bolehkah?

Meskipun hari raya Idul Fitri telah berlalu, namun sebagian masyarakat muslim tetap memanfaatkan momentum Syawal …

shalat saat adzan

Shalat Saat Adzan Dikumandangkan?

Tujuan azan adalah untuk memanggil umat shalat berjamaah, sekaligus penanda waktu shalat telah tiba. Seperti …