Dzikir rasulullah
Dzikir rasulullah

7 Dzikir yang Selalu Dibaca Rasulullah Setiap Hari

Dzikir merupakan salah satu ibadah yang sangat simple tetapi bernilai pahala. Bisa dilakukan dalam kondisi dan tempat apapun, kecuali di tempat yang kotor seperti Toilet. Seringkali seorang muslim lupa bahwa berdzikir tidak harus sebelum atau sesudah shalat. Berdzikir bisa juga di waktu-waktu senggang seperti di saat terjebak macet, menunggu antrian, mengendarai kendaraan dan lain sebagainya.

Dzikir dalam Bahasa Arab mempunyai arti mengingat, menyebut ataupun berdoa. Jadi Dzikrullah artinya mengingat, menyebut atau berdoa kepada Allah. Dzikir seyogyanya ibadah yang tidak mengeluarkan begitu banyak energi dan waktu. Maka dari itu seorang muslim selayaknya harus memperbanyak dzikir setiap harinya. Allah SWT memerintah Kaum Muslimin dalam surat al-Ahzab ayat 41 untuk banyak berdzikir, tanpa dibatasi jumlahnya. “Wahai orang-orang yang beriman banyak-banyaklah berdzikir kepada Allah.

Rasulullah SAW pun membedakan orang yang mati dan orang yang hidup dengan berdzikir kepada Allah. Diriwayatkan dari Abu Musa, Rasulullah Saw bersabda: “Perumpamaan orang yang berdzikir mengingat Allah dan yang tidak pernah berdzikir kepadaNya bagai orang yang hidup dan mati”. (HR. Baihaqi). Tentu yang dimaksud orang mati dan hidup dalam hadist di atas adalah hatinya. Artinya jika seorang muslim sering berdzikir kepada Allah, maka ia tergolong memiliki hati atau batin yang hidup. Begitu juga sebaliknya.

Secara sederhana, orang yang sering berdzikir kepada Allah itu bisa diperhatikan ketika ia terkena musibah atau cobaan. Jika ia sering berdzikir lalu terkena musibah, spontan ia pasti akan berucap astaghfirullah, subhanallah dan lain sebagainya. Namun jika seseorang yang jarang berdzikir atau malah tidak pernah, kemudian ia terkena musibah, pasti spontan ia akan berucap kata-kata yang kotor (dalam bahasa jawa misuh) dan cenderung menyalahkan keadaan.

Baca Juga:  4 Adab Ketika Bersendawa

Berdzikir kepada Allah pun harus dengan dasar dan melalui tuntunan. Satu-satunya suri teladan terbaik adalah baginda Rasulullah SAW. Betapapun beliau nabi dan terjaga dari dosa, tetap beliau setiap hari melanggengkan dzikir kepada Allah. Tercatat dalam beberapa hadist, Rasulullah melanggengkan beberapa kalimar dzikir. Artinya, kalimat-kalimat dzikir yang sering dibaca Rasulullah merupakan kalimat dzikir terbaik. Berikut ini, 7 Kalimat Dzikir yang diamalkan Rasulullah berdasarkan rangkuman beberapa hadits dibawah ini:

  1. Nabi Muhammad SAW bersabda : “Barangsiapa yang membaca dzikir LAA ILAAHA ILLALLAH MUHAMMADUR RASULULLAH 100 kali setiap hari maka akan datang pada hari kiamat mukanya bagaikan bulan purnama.” (Kitab Lubabul Hadits)
  2. Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa yang membaca dzikir LAA ILAAHA ILLALLAH WAHDAHU LAA SYARIKALAH LAHUL MULKU WA LAHUL HAMDU WA HUWA ‘ALAA KULLI SYAI’IN QADIIR 100 kali dalam sehari, maka baginya mendapatkan pahala membebaskan sepuluh orang hamba, ditetapkan baginya seratus kebaikan dan dijauhkan darinya seratus keburukan dan baginya ada perlindungan dari godaan syaitan pada hari itu hingga petang dan tidak ada orang yang lebih baik amalnya kecuali seseorang yang dapat lebih banyak mengamalkan dzikir ini”. (HR. Bukhori No.3050 dan No.5924, Ibnu Majah No.3799)
  3. Rasulullah SAW bersabda : “Barangsiapa membaca dzikir LAA ILAAHA ILLALLAHUL MALIKUL HAQQUL MUBIIN 100 kali setelah sholat subuh atau sholat dhuhur maka akan jadi jaminan aman dari kemiskinan, akan menjadi kesenangan dalam kuburnya dan terbuka pintu-pintu surga baginya.” (HR. Al Khatib, Abu Naimdan Ibn Abdul Bar, Didalam Kitab Irsyadul ‘Ibad Ilasabilirrasyad Asy Syaikh Zainuddin Al Malibariy).
  4. Barangsiapa mengucapkan : “Barangsiapa membaca SUBHAANALLAH WABIHAMDIHI 100 kali maka dosa-dosanya akan terampuni walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR.Bukhori No.5926, Muslim No.4857, At Tirmidzi No.3388, Ahmad N0.10266 dan No.7667, Ibnu Majah No.3802, dan Imam Malik No.438).
  5. “Barangsiapa yang membaca sholawat untukku 100 kali, maka Allah bersholawat untuknya sepuluh kali, dan barang siapa bersholawat untukku sepuluh kali, maka Alloh bersholawat untuknya seratus kali dan barangsiapa bersholawat untukku seratus kali, maka Alloh menulis diantara kedua matanya kebebasan dari nifak, dan kebebasan dari neraka dan ditempatkan pada hari kiamat bersama orang-orang yang mati syahid.” (HR. At Thabarani, di dalam Kitab Irsyadul ‘Ibad Ilasabilirrosyad).
  6. Rosulullah SAW dalam suatu majelis berdoa : “RABBIGHFIRLII WATUB ‘ALAYYA INNAKA ANTAT TAWWABUR RAHIIM.” “Ya Rabbku ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkaulah Maha penerima taubat dan maha penyayang.” Beliau mengucapka doa itu sebanyak seratus kali.” (HR. Ibnu Majah No.3804 dan Abu Daud No.1295)
  1. Rasulullah SAW bersabda, Ucapkanlah : “SUBHAANALLAH WABIHAMDIHI, SUBHAANALLAHIL ‘ADZHIIMI, ASTAGHFIRULLAH 100 kali, diantara terbitnya fajar sampai sholat shubuh, maka dunia datang dengan hina dan kecil dan Allah menciptakan dari setiap kata akan satu Malaikat yang mentasbihkan Allah Ta’ala sampai hari kiamat yang pahalanya untukmu.”
Baca Juga:  Anda Pengantin Baru, Ini Doa Malam Pertama

(Di dalam Kitab Ihya Ulumiddin Al Imam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al Ghazali)

Demikian beberapa dzikir yang selalu berulang-ulang Nabi Muhammad SAW amalkan setiap hari. Setiap dzkir kepada Allah pasti berpahala. Namun berbeda-beda dalam jumlah kebaikan dan keutamannya. Tetapi perlu juga diingat bahwa jika kita mengamalkan 7 kalimat dzikir di atas, otomatis kita mengikuti sunnah Rasulullah SAW. Beliau bersabda :”Barangsiapa menghidupkan sunnahku maka sesungguhnya (bukti ) dia mencintaiku, dan barangsiapa mencintaiku maka ia akan bersamaku di Surga.” (HR. At Tirmidzi No.2602)

 

Bagikan Artikel

About M. Alfiyan Dzulfikar

Avatar