tafsir kafir

Bacalah Surat al-Qur’an ini untuk Melapangkan Jalan di Tengah Kesulitan

Berbagai kesulitan dan hambatan duniawi memang tiada henti mendera siapapun. Umat yang memiliki iman yang kuat tidak akan pernah menyerah apalagi putus asa. Ikhtiyar dan doa disertai tawakal adalah rumus terbaik.

Dalam al-Qur’an adalah salah satu surat yang mempunyai keutamaan untuk dibaca dan dihayati ketika menghadapi kesulitan.  Surat Al-Insyirah atau lebih dikenal dengan surat alam nasroh merupakan surat ke 94 dalam al-Quran.

Surat ini tergolong surat pendek yang terdiri dari delapan ayat. Al-Insyirah sendiri memiliki arti melapangkan. Melapangkan sendiri memiliki arti yang luas, melapangkan rejeki, melapangkan hati yang risau dan melapangkan hati untuk menerima hidayah dan keimanan.

Dalam menjalankan shalat, surat al-Insyiroh ini pasti sering dibaca untuk melengkapi bacaan dalam shalat. Tak hanya sebagai pelengkap shalat, ternyata surat al-Insyiroh memiliki beberapa keutamaan yang dibutuhkan manusia dalam menyelaraskan diri dalam berkehidupan di dunia.

Ibnu Katsir pada kitab Tafsir Ibnu Katsir mengatakan, dari Anas Ibnu Malik pernah menceritakan bahwa Rasulullah pernah duduk dan di hadapannya terdapat sebuah batu. Beliau bersabda, “Seandainya kesulitan datang, lalu masuk ke dalam batu ini, niscaya kemudahan akan datang dan masuk ke dalamnya, lalu mengusirnya. Dan Allah Swt. menurunkan firman-Nya: Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan”. (Alam Nasyrah: 5-6).

Dalam hadist riwayat di atas terlihat bahwa kesabaran maka akan berbuah kemudahan dari segala cobaan yang didapatnya. Bagi setiap umat yang senantiasa merasa dirinya selalu berada dalam pengawasan Allah, dan ia selalu berhati-hati dalam setiap langkahnya, maka diapun akan menjadi manusia yang selamat.

Selain itu adapun beberapa keutamaan dan kedahsyatan apabila kita tekun membaca surat Al-Insyirah, yakni: 

Baca Juga:  Kidung Lingsir Wingi : Doa Memohon Perlindungan dari Gangguan Makhluk Ghaib

Pertama, diberikannya kelapangan hidup. Rasulullah bersabda “barang siapa yang membaca surat Al-Insyirah, seperti ia mendatangiku dan menghiburku disaat sedihku dan ia mengambil kesempatan maka menjadi suatu kelapangan dariku.”

Dalam hadist di atas disebutkan bahwa membaca surat Al-Insyirah akan mendapatkan kelapangan dalam kehidupannya entah itu dalam hal pekerjaan, rumah tangga maupun kehidupan sosial. Dan apabila dibaca seusai mengerjakan shalat fardhu maka niscaya Allah Allah akan memberi kemudahan dalam urusannya dan akan memudahkan kesusahannya dan memberi rezeki dari hal yang tidak terduga.

Kedua, dikaruniakan rejeki yang melimpah. Barang siapa yang membaca Surah Al-Insyirah di setiap selesai melaksanakan shalat sebanyak 40 kali selama 7 hari berturut-turut, maka Allah akan mencukupi kebutuhan orang tersebut dan tidak perlu diragukan lagi.

Ketiga, dimudahkan dalam mencari rejeki dan jodoh terbaik untuk dirinya. Apabila kita memiliki hajat baik soal rejeki dalam mencari pekerjaan yang cocok atau menginginkan jodoh yang terbaik, maka bacalah surat Alamnasyroh seusai melakukan shalat Hajat. Maka Allah akan memudahkan jalanmu untuk mengapai hajatmu.

Itulah sebagian fadilah dan keutamaan dalam membaca surat alam nasroh yang dapat kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Lakukan dan terus berharap pertolongan dari Allah untuk melapangkan segala apapun yang menjadi penghambat kita.

Selain itu perlunya kita untuk memahami arti dan makna di dalamnya, supaya diri kita terdorong oleh keyakinan yang kuat. Bacalah dengan menggunakan hati niscaya Allah akan menurunkan pertolongan bagi hambanya yang bersungguh-sungguh untuk memintanya.

Bagikan Artikel

About Eva Novavita