singgasana sulaiman
singgasana sulaiman

Cerita Nabi Sulaiman untuk Anak (2) : Nabi Sulaiman dan Perempuan Korban Pemerkosaan

Sebelumnya sudah diceritakan tentang kecerdasan Nabi Sulaiman dalam memecahkan masalah. Kisah kehebatan Nabi sulaiman tak berhenti sampai di situ saja. Suatu hari, Nabi Daud, ayahanda Nabi Sulaiman, menerima tamu yakni seorang perempuan muda korban pemerkosaan. Perempuan ini merupakan seorang yang memiliki kekurangan fisik, ia seorang yang tuli dan juga sulit berkata.

Banyak orang yang perihatin terhadap keadaan perempuan itu. Selain dianugerahi kekurangan fisik, kehidupannyapun juga penuh cobaan. Maka dari penelusuran kasus perempuan ini telah dikerucutkan empat pria menjadi tersangka. Maka Nabi Daudpun memanggil mereka untuk diadili.

Tak mudah memang mengungkap suatu kejahatan. Keempat pemuda ini menyepakati secara diam-diam bahwa mereka melihat perempuan tersebut telah di perkosa oleh anjing.

Mendengar keterangan mereka, seorang tersangka membuat Nabi Daud merasa bimbang akan keputusan yang akan dibuatnya. Nabi Daud meyakini bahwa tidak akan mungkin seekor anjing memperkosa perempuan muda tersebut. Namun di sisi, tak ada bukti dan saksi yang membuktikan mereka bersalah.

Melihat kebimbangan ayahnya, Nabi Sulaiman yang dari tadi berada di sana berkata kepada ayahnya, “wahai ayah, aku meminta ijinmu untuk mencari tahu siapa yang telah memperkosa perempuan malang tersebut.”

Nabi Daudpun memberikan Ijin kepada putranya untuk memutuskan perkara rumit itu. Maka Nabi Sulaimanpun meminta untuk disiapkan bilik kecil dan Beliaupun mulai memanggil satu-persatu para tersangka tersebut.

Dari setiap pertanyaan yang Beliau utarakan mereka tetap bertahan bahwa mereka tidak bersalah, dan anjing tersebutlah yang telah memperkosa perempuan muda tersebut. Maka Nabi Sulaimanpun memutuskan untuk bertanya dengan pertanyaan yang ringan kepada mereka semua.

Nabi Sulaiman bertanya kepada pemuda pertama : “jika kau benar melihat anjing tersebut memperkosa wanita tersebut, maka apa warna bulu anjing tersebut?”

Laki-laki pertama menjawab : “anjing tersebut berwarna coklat”

Nabi Sulaiman bertanya kepada pemuda kedua : “jika kau benar melihat anjing tersebut memperkosa wanita tersebut, maka apa warna bulu anjing tersebut?”

Laki-laki kedua menjawab : “anjing tersebut berwarna hitam”

Nabi Sulaiman bertanya kepada pemuda ketiga : “jika kau benar melihat anjing tersebut memperkosa wanita tersebut, maka apa warna bulu anjing tersebut?”

Laki-laki ketiga menjawab : “anjing tersebut berwarna putih”

Nabi Sulaiman bertanya kepada pemuda keempat : “jika kau benar melihat anjing tersebut memperkosa wanita tersebut, maka apa warna bulu anjing tersebut?”

Laki-laki keempat menjawab : “anjing tersebut berwarna kuning”

Setelah dirasa cukup, Nabi Sulaiman kemudian mengumpulkan lagi mereka berempat di satu ruangan. Dan sekali lagi Nabi Sulaiman menanyakan hal yang sama kepada mereka. “Apa warna bulu anjing tersebut?”

Dan merekapun serentak menjawab dengan jawaban yang berbeda. Karena mereka merasa kebohongan mereka terbongkar, merekapun memohon ampun atas kebohongan yang mereka lakukan. Merekapun mengakui bahwa merekalah yang telah memperkosa perempuan malang tersebut.

Karena kebohongannya tersebut akhirnya merekapun dijatuhi hukuman rajam. Sungguh besar karunia yang di turunkan Allah kepada Nabi Sulaiman. Nabi Sulaimanpun tumbuh menjadi raja yang terkenal adil dan bijaksana dalam segala urusannya.

Baca Juga:  Kisah Nabi Sulaiman yang Tidak Mudah Percaya Berita

Nah, adik-adik, kita bisa melihat sekali lagi bagaimana Nabi Sulaiman dengan kecerdasannya mampu mengungkap siapa pelaku sebenarnya. Sungguh ini menjadi pelajaran terbaik bagi kita untuk selalu tidak berbohong dan berbuat adil.

Bagikan Artikel ini:

About Eva Novavita

Avatar of Eva Novavita

Check Also

singgasana sulaiman

Cerita Nabi Sulaiman untuk Anak (3) : Kisah Raja Sulaiman dan Ratu Balqis

Setelah Nabi Daud wafat, kini Nabi Sulaiman meneruskan tahta kerajaan dan memimpin Bani Israil. Seperti …

singgasana sulaiman

Cerita Nabi Sulaiman untuk Anak (1) : Raja yang Dikaruniai Kejayaan dan Kecerdasan

Tahukah kalian.. ternyata ada manusia yang diciptakan Allah yang memiliki kelebihan bisa berbicara dengan para …