UI dan PBNU kerjasama cegah radikalisme di kampus
UI dan PBNU kerjasama cegah radikalisme di kampus

Cegah Radikalisme di Kampus, UI Kerjasama Dengan PBNU

Jakarta – Penyebaran radikalisme di lingkungan kampus sudah sangat memprihatinkan. Bahkan banyak kampus-kampus besar di Indonesia, nyatanya telah disusupi kelompok-kelompok radikal yang ingin merusak ideologi mahasiswa/mahasiswi dengan ideologi transnasional.

Fakta itulah yang membuat Universitas Indonesia (UI) bergerak untuk mencegah penyebaran radikalisme dengan menjalin kerja sama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Kerja sama itu untuk menanamkan nilai moral dan nilai kebangsaan kepada generasi muda bangsa.

Kerjasama itu ditandatangani Rektor UI Ari Kuncoro dan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj di Kampus UI Salemba, Jakarta, Selasa (26/10/2021).

Ari Kuncoro mengatakan, kerja sama itu merupakan bagian dari upaya untuk mendidik mahasiswa menjadi manusia dengan kecerdasan emosi, berbudi pekerti luhur, serta pola pikir, sikap, dan tindak yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Saya berharap kesepakatan kerja sama ini dapat ditindaklanjuti dengan berbagai perjanjian kerja sama yang lebih konkret,” kata Ari dalam siaran pers, Rabu (27/10/2021).

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj mengatakan bahwa PBNU menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi untuk mencegah perkembangan radikalisme di lingkungan kampus.

“Kerja sama ini merupakan yang pertama antara PBNU dan perguruan tinggi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat,” katanya.

Kerja sama UI dengan PBNU meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan kompetensi. UI dan PBNU antara lain akan bekerja sama dalam melakukan internalisasi nilai-nilai kebangsaan melalui kajian ilmiah, seminar, lomba karya, ceramah, serta perkuliahan.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Milenial Harus Pahami Islam Secara Utuh, Jangan Andalkan Ceramah Ustaz Youtube

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

dr Fauzia Gustarina Cempaka Timur S IP M Si

Celah Intoleransi Dalam Beragama Diincar Kelompok Radikal Untuk Sebarkan Virus Radikalisme

Jakarta – Kelompok radikal selalu berupaya memanfaatkan berbagai cara untuk menyebarkan virus radikalisme. Salah satunya …

RDP Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dengan Komisi VIII DPR RI

Dai Harus Miliki Strategi Metode Dakwah yang Menitikberatkan Wawasan Keberagamaan dan Kebangsaan

Jakarta – Sertifikasi penceramah atau dai dilakukan demi meningkatkan pemahaman moderasi beragama kepada kalangan dai …