UI dan PBNU kerjasama cegah radikalisme di kampus
UI dan PBNU kerjasama cegah radikalisme di kampus

Cegah Radikalisme di Kampus, UI Kerjasama Dengan PBNU

Jakarta – Penyebaran radikalisme di lingkungan kampus sudah sangat memprihatinkan. Bahkan banyak kampus-kampus besar di Indonesia, nyatanya telah disusupi kelompok-kelompok radikal yang ingin merusak ideologi mahasiswa/mahasiswi dengan ideologi transnasional.

Fakta itulah yang membuat Universitas Indonesia (UI) bergerak untuk mencegah penyebaran radikalisme dengan menjalin kerja sama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Kerja sama itu untuk menanamkan nilai moral dan nilai kebangsaan kepada generasi muda bangsa.

Kerjasama itu ditandatangani Rektor UI Ari Kuncoro dan Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj di Kampus UI Salemba, Jakarta, Selasa (26/10/2021).

Ari Kuncoro mengatakan, kerja sama itu merupakan bagian dari upaya untuk mendidik mahasiswa menjadi manusia dengan kecerdasan emosi, berbudi pekerti luhur, serta pola pikir, sikap, dan tindak yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Saya berharap kesepakatan kerja sama ini dapat ditindaklanjuti dengan berbagai perjanjian kerja sama yang lebih konkret,” kata Ari dalam siaran pers, Rabu (27/10/2021).

Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj mengatakan bahwa PBNU menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi untuk mencegah perkembangan radikalisme di lingkungan kampus.

“Kerja sama ini merupakan yang pertama antara PBNU dan perguruan tinggi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat,” katanya.

Kerja sama UI dengan PBNU meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan kompetensi. UI dan PBNU antara lain akan bekerja sama dalam melakukan internalisasi nilai-nilai kebangsaan melalui kajian ilmiah, seminar, lomba karya, ceramah, serta perkuliahan.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Kenali Narasi Radikalisme Agar Paham Betapa Bahayanya Virus Radikalisme

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Dir Cegah BNPT Brigjen R Ahmad Nurwakhid di Universitas Pembangunan Panca Budi

Doktrin Kelompok Radikal Selalu Benturkan Agama dan Budaya, Agama dan Pancasila

Medan – Radikalisme adalah paham yang menjiwai semua aksi terorisme. Mereka selalu mendoktrin, membenturkan agama …

ilustrasi al quran

Khutbah Jumat – Menjalani Kehidupan Dalam Tuntunan Agama

Khutbah I اْلحَمْدُ للهِ اْلحَمْدُ للهِ الّذي هَدَانَا سُبُلَ السّلاَمِ، وَأَفْهَمَنَا بِشَرِيْعَةِ النَّبِيّ الكَريمِ، أَشْهَدُ …