Wanita AFghanistan
Wanita AFghanistan

Dewan Ulama Taliban Segera Putuskan Hak Wanita dan Anak-anak

Kabul – Dewan Ulama Taliban segera akan memutuskan hak dan peran wanita serta anak-anak. Hak-hak itu termasuk hak bekerja, mendapat pekerjaan, dan cara berpakaian.

“Para ulama kami akan memutuskan apakah anak-anak perempuan diizinkan bersekolah atau tidak,” ucap salah satu pemimpin senior Taliban, Waheedullah Hashimi, akhir pekan kemarin.

“Mereka akan memutuskan apakah mereka harus memakai hijab, burqa, atau hanya cadar plus abaya atau sesuatu, atau tidak. Itu tergantung pada mereka,” sebutnya.

“Orang-orang di Afghanistan 99,99 persen adalah Muslim dan mereka percaya pada Islam. Ketika Anda mempercayai hukum, tentu saja Anda harus menerapkan hukum itu. Kami memiliki sebuah dewan, sebuah dewan ulama yang sangat terkemuka. Mereka akan memutuskan apa yang harus dilakukan,” jelasnya.

Pada Selasa (17/8/2021) waktu setempat, juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, menyatakan dalam konferensi pers di Kabul bahwa perempuan akan diizinkan untuk bekerja dan mengakses pendidikan, dan’akan sangat aktif dalam masyarakat namun dalam kerangka Islam.

Saat menguasai Afghanistan tahun 1996-2001 silam, Taliban melarang wanita bekerja dan anak perempuan tidak diperbolehkan bersekolah, serta mewajibkan wanita memakai burqa saat pergi keluar rumah dan didampingi oleh kerabat laki-laki mereka. Mereka yang melanggar aturan terkadang mengalami penghinaan dan pemukulan di depan umum oleh polisi syariah Taliban.

Para pemimpin negara Barat telah menegaskan bahwa mereka akan menilai Taliban yang baru dengan tindakan mereka, termasuk cara memperlakukan anak perempuan dan wanita.

“Kita akan menilai rezim ini berdasarkan pilihan-pilihan yang diambilnya, dan berdasarkan tindakan daripada kata-katanya, berdasarkan sikapnya terhadap terorisme, terhadap kejahatan dan narkotika, juga akses kemanusiaan, dan hak perempuan untuk menerima pendidikan,” ucap Perdana Menteri (PM) Inggris, Boris Johnson, pada Rabu (18/8) waktu setempat.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Pandemi COVID-19, Maksimalkan Hikmah Puasa, Perkuat Gotong Royong Jalankan Program Pemerintah

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

Dana dikorupsi berjamaah pembangunan Masjid Raya Palembang mangkrak

Dana Pembangunan Masjid Sriwijaya Dikorupsi Berjamaah, MUI: Di Luar Batas Moral dan Religiusitas

Jakarta – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Selatan (Sumsel) baru saja menetapkan tiga tersangka baru korupsi …

000101500 1632234054 830 556

Isu Perpecahan Mencuat di Tubuh Petinggi Taliban, Berikut Laporan Aljazirah

KABUL – Taliban menguasai Afganistan setelah berhasil memasuki ibu kota dan menduduki istana kepresidenan di …