KH Marzuki Baidlowi
KH Marzuki Baidlowi

Ini Langkah-Langkah MUI Untuk Memerangi Hoax Pandemi Covid-19

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyiapkan langkah-langkah untuk memerangi hoax pandemi Covid-19. Upaya ini penting karena banyak sekali berita bohong (hoax) selama pandemi Covid-19.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Informasi dan Komunikasi, KH Masduki Baidlowi mengatakan, MUI mempunyai 3 rencana untuk menanggulangi permasalahan hoax Covid-19. Pertama, MUI akan segera menghubungi ormas-ormas Islam lain seperti NU, Muhamadiyah dan lainya. Tujuannya, untuk mengidentifikasi siapa saja ulama berpengaruh mmeluruskan hoax dan juga siapa saja ulama yang justru terpengaruh berita hoax Covid-19.

Kedua, MUI juga menyiapkan konten untuk menghadapi mereka yang tidak percaya pada Covid-19 dengan basis keilmuan.

“Jadi argumentasi-argumentasi harus kita bangun dengan basis-basis yang kuat secara keilmuan karena ulama itu tahu betul ya, karena mereka dasarnya adalah ilmu, kita coba gugah itu,” ungkapnya.

Ketiga, MUI akan mendatangi tokoh-tokoh ulama yang disegani di akar rumput. Kata Kiai Masduki, MUI akan terus bekerja keras menggandeng ulama, ilmuwan dan tokoh masyarakat untuk melakukan dialog mencerahkan mereka yang termakan hoax Covid-19 akan tercerahkan.

Dalam pandangan Kiai Masduki, jika pandemi terus berlanjut yang menjadi korban paling banyak adalah umat Islam.

“Kalau tidak (tangkal hoax Covid-19) akan terus bergelimpangan korban yang lebih banyak. Saya yakin banyak umat Islam. Pertama karena mayoritas. Yang kedua, yang bandel dan secara keilmuwan tidak dalam tapi mengaku ulama, mengaku ustaz tapi justru jadi tokoh penyebaran hoax (Covid-19). Kalau sudah begini yang jadi korban umat Islam,” pungkas Kiai Masduki.

Bagikan Artikel ini:
Baca Juga:  Ungkap Kamp Tahanan Massal Muslim Uighur, Jurnalis India Menangkan Penghargaan Pulitzer

About redaksi

Avatar of redaksi

Check Also

20210923170611

Taliban Akan Kembali Berlakukan Hukum Potong Tangan

KABUL – Pasca berhasil menguasai Afganistan, Taliban selalu menjadi perbincangan, berbagai spekulasi dan analisis diutarakan oleh …

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berbicara di depan Majelis Umum PBB

Turki di Garis Terdepan Perang Melawan Islamofobia

New York – Turki siap mengambil peran utama dalam berperang melawan Islamofobia di komunitas internasional. …