Jepretan Layar 2021 05 27 pukul 13.47.14
Jepretan Layar 2021 05 27 pukul 13.47.14

Fikih Nusantara (5): Kitab Sullam al Raja Karya Usman Said Tungkal

Satu lagi kitab fikih karya ulama Nusantara, Sullam al Raja karya Syaikh Usman. Salah seorang ulama Nusantara kelahiran Tungkal Jambi, 1320 H/1903 M. Nama lengkapnya Usman bin Muhammad Sa’id Tungkal. Dikemudian hari lebih dikenal dengan sebutan Syaikh Usman Tungkal.

Syaikh Usman Tungkal cukup melegenda. Di Makkah beliau sangat terkenal dan kealimannya tidaklah disangsikan lagi. Bahkan di depan nama beliau selalu disertakan al ‘allamah (yang sangat alim). Terbukti ia dipercaya mengajar pada beberapa Madrasah di Makkah, antara lain, Madrasah al Shaulatiyyah, Madrasah al Fakhriyyah, Madrasah Dar al Ulum, Madrasah al Sa’diyyah, dan lain-lain. Juga membuka halaqah di Masjidil Haram.

Beliau juga tipikal ulama yang produktif menulis. Diantara karya-karyanya adalah Bughyatu al Muhtaj bi Kulli ma Yahtaju li Kulli Mu’tamir wa Hajj, Arba’un Hadis fi Ba’dhi ma Yata’allaqu bi al Shalat wa al Masajid, al Jauharatu al Tsamin fi ma ‘ala al Abdi Li al Rabbina al Mu’in, Manhaj al Thullab fi Fadhli al ‘Ilmi wa al Adab, dan lain-lain.

Kitab Sullam al Raja berjudul lengkap Sullam al Raja li al Wushul ila Alfadz Safinatu al Naja yang mensyarahi (mengomentari) kitab Safinatu al Naja karya Syaikh Sumair bin Salim al Hadhrami.

Kitab Safinatu al Naja sendiri sangat familiar di kalangan santri pesantren yang ada di Nusantara. Kitab matan bermuatan fikih madhab Syafi’i ini menjadi referensi utama di pesantren-pesantren tradisional, terutama bagi santri pemula karena isinya yang ringkas.

Seperti ditulis sendiri oleh Syaikh Usman Tungkal pada kalam pembuka, kitab Sullam al Raja hadir sebagai kitab yang mudah dibaca dan dipahami yang menjelaskan teks-teks matan kitab Safinatu al Naja. Sullam al Raja tuntas ditulis pada 12 Syawal 1351 H di Makkah.

Baca Juga:  Fikih Nusantara (15) : Kitab Sullam al Mubtadi Karya Syaikh Daud bin Abdullah al Fathani

Dengan demikian, kitab ini bertaut erat dengan kitab Kasyifatu al Saja karya Syaikh Nawawi al Bantani, Nailu al Raja fi Mandzumah Safinatu al Naja karya Syaikh Siraj Cirebon dan kitab Tanwir al Hija fi Mandzumah Syafinati al Naja karya Syaikh Ahmad Qusyairi bin Shidiq Pasuruan yang sama-sama mensyarahi kitab Safinatu al Naja.

Bagikan Artikel ini:

About Ahmad Sada'i

Avatar of Ahmad Sada'i

Check Also

khutbah jumat singkat

Khutbah Jumat Singkat Tanda Khatib Paham Agama

Kebiasaan membaca khutbah Jum’at dengan durasi waktu yang lama banyak dijumpai di masjid-masjid, terutama di …

idhah al bab

Fikih Nusantara (30): Kitab Idhah Al Bab Karya Syaikh Daud bin Abdullah al Fathani

Pattani, Thailand Selatan sekarang, tidak hanya tanahnya yang subur, negeri yang berbatasan dengan Malaysia ini …